Avrina Galuh Hafizd Haquee, Avrina Galuh Hafizd Haquee (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
14601241058-AVRINA GALUH HAFIZD H - PJKR.pdf Download (12MB) | Preview |
Abstract
Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) yang telah dilaksanakan mahasiswa pada tanggal 15 September - 15 November 2017 merupakan wahana bagi mahasiswa untuk melatih meningkatkan kualitas diri dalam hal pembelajaran di sekolah. PLT bertujuan untuk melatih mahasiswa agar memiliki pengetahuan dan pengalaman nyata tentang proses belajar mengajar. Dengan kegiatan PLT ini diharapkan mahasiswa memiliki bekal untuk mengembangkan diri sebagai tenaga pendidik yang profesional. Slah satu lokasi yang menjadi sasaran tempat pelaksanaan program PLT pada semester ganjil tahun 2017 ini adalah SMK Muhammadiyah 2 Bantul. Kelompok PLT di lokasi tersebut terdiri dari 9 mahasiswa, 3 Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran, 2 Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, 2 Program Studi Pendidikan Ekonomi, dan 2 Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum.1 Praktik mengajar dilaksanakan dari tanggal 15 September – 15 Novemebr 2017, sebanyak 20 pertemuan, setiap kelas 5 kali pertemuan di kelas X MM, X PS, X AP, XI AP, XI RPL. Untuk minggu pertama digunakan untik observasi kelas pada saat guru pembimbing mengajar. Berdasarkan hasil observasi diperoleh pengetahuan menegenai kondisi dan situasi siswa dan lingkungan kelas saat berlangsungnya kegiatan belajar mengajar. Mata pelajaran yang diajarkan adalah Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Metode yang digunakan dalam pembelajaran adalah ceramah, tanya jawab, praktik, diskusi, dicovery learning, santifik 5m, dan demonstrasi. Media yang digunakan adalah PPT, LCD, whiteboard, spidol, penghapus, dan alat pratikum. Pada salah satu pertemuan mahasiswa juga memberikan evaluasi mengenai materi yang diberikan. Secara umum, program-program PLT yang telah direncanakan berjalan dengan baik akan tetapi dalam pelaksanaanya tetap ditemui hambatan-hambatan. Hambatan yang ditemui yaitu adanya siswa yang memiliki kebutuhan khusus dan harus diperhatikan lebih intensif agar dapat tetap mengikuti pembelajaran dikelas meskipun tidak setara dengan teman-temannya yang lain.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PLT, Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan, SMK Muhammadiyah 2 Bantul |
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 21 Dec 2017 06:37 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 11:25 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54357 |
Actions (login required)
View Item |