LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA NEGERI 1 JETIS

Anisa Isnaini Subekti, Anisa Isnaini Subekti (2016) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA NEGERI 1 JETIS. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
13405244024_ANISA ISNAINI SUBEKTI_P.GEOGRAFI.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

PPL adalah praktik pengalaman lapangan merupakan suatu kegiatan aplikatifyang dilakukan oleh mahasiswa ke sekolah langsung. Dengan kegiatan ini maka mahasiswa dapat mengasah keterampilannya dan kompetensinya sebagai calon pendidik yang baik. Di bangku perkuliahan didapatkan ilmu sebagai bekal menjadi pendidik yang baik sehingga tujuan dari kegiatan ini adalah mengasah keterampilan mahasiswa dan kompetensinya baik kompetensi kepribadian ,pedagogik,profesional,dan sosial serta dapat mengasah keterampilan mahasiswa dalam mengajar dan melakukan pembelajaran yang baik khususnya pembelajaran seni budaya. Kegiatan praktik pengalaman lapangan ini dilakukan di SMA N 1 Jetis i ni di l akukan seki t ar kur ang l ebi h 2 bul an mul ai dar i t anggal 15 J ul i 2016 sampai 15 Sept ember 2016. Dal am kegi at an PPL i ni , t er dapat beber apa kegi at an yang di l akukan ol eh mahasi s wa yai t u meliputi kegiatan praktik mengajar di kelas dan praktik persekolahan atau praktik kegiatan sekolah.Kegiatan praktik mengajar di kelas ber upa pr akt i k l angs ung mengaj ar di kel as dengan di bi mbi ng ol eh Gur u Pembi mbng yai t u I bu Ema Kus us mawat i S. Pd. Tujuan dari kegiatan ini adalah agar mahasiswa mendapatkan pengalaman langsung dalam mengajar. Pada kesempatan ini praktikan mendapat kesempatan untuk mengajar di kelas XI yaitu kelas XI MIPA 4 dan XI MIPA 5. Pada praktik pelaksanaan pembelajaran, mahasiswa diberi kesempatan mengajar di dua kelas dengan masing-masing kelas mendapatkan 4 jam pelajaran per minggu dengan perhitungan 1 jam pelajaran adalah 45 menit. Sementara kegiatan praktik persekolahan dimaksudkan agar mahasiswa praktikan mampu mengenal manajemen sekolah dan melakukan kegiatan di luar belajar mengajar. Kegiatan ini juga meliputi piket guru dan piket di ruang Bimbingan Konseling dan Perpustakaan,UKS. Setelah melaksanakan praktik mengajar sebanyak 8 kali pertemuan di kelas dan melakukan kegiatan praktik persekolahan maka didapatkan hasil bahwa mahasiswa mendapatkan pengalaman dalam mengajar pembelajaran Geografi dalam kelas yang berjalan sesuai dengan perencanaan, penyususnan perangkat pembelajaran, proses pembelajaran dan pengelolaan kelas. Hambatan yang ada dapat dipecahkan berkat beberapa bantuan dari Guru pembimbing dan DPL Pembimbing Lapangan sehingga kegiatan PPL dapat berjalan dengan lancar dan memberikan manfaat yang banyak untuk mahasiswa calon pendidik.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Laporan,PPL, kegiatan pembelajaran dan hasil PPL
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 06 Dec 2017 01:48
Last Modified: 01 Oct 2019 11:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54186

Actions (login required)

View Item View Item