PERSEPSI SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN LOMPAT JAUH DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK MATA PELAJARAN PENJASORKES KELAS VII SMP NEGERI 2 WEDI KLATEN TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Mahardhika, Rivan Emas (2017) PERSEPSI SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN LOMPAT JAUH DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK MATA PELAJARAN PENJASORKES KELAS VII SMP NEGERI 2 WEDI KLATEN TAHUN PELAJARAN 2016/2017. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Di SMP Negeri 2 Wedi Klaten guru pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan telah menerapkan Kurikulum 2013, dan proses pembelajaran Penjasorkes sudah menggunakan pendekatan saintifik, saintifik sangat cocok untuk meningkatkan kemampuan anak. Beberapa kali pertemuan pembelajaran guru sudah melaksanakan pendekatan saintifik, banyak respon yang muncul dari anak mengenai pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik. Tujuan khusus yang hendak dicapai adalah untuk mengetahui persepsi siswa terhadap pembelajaran lompat jauh dengan pendekatan saintifik mata pelajaran penjasorkes kelas VII SMP Negeri 2 Wedi Klaten Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan metode survei. Instrumen penelitian berupa angket dengan validitas 0,898 dan reliabilitas 0,925. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Wedi Klaten sebanyak 70 anak. Berdasarkan jenis penelitiannya, penelitian ini merupakan deskriptif kuantitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian diketahui persepsi siswa terhadap pembelajaran lompat jauh dengan pendekatan saintifik mata pelajaran penjasorkes kelas VII SMP Negeri 2 Wedi Klaten Tahun Pelajaran 2016/2017 sebagian besar berkategori sangat baik dengan persentase 7,15%, kategori baik sebesar 22,86%, kategori cukup baik sebesar 37,14%, kategori kurang baik sebesar 27,14% dan kategori sangat kurang baik 5,71%. Hasil tersebut dapat disimpulkan persepsi siswa terhadap pembelajaran lompat jauh dengan pendekatan saintifik mata pelajaran penjasorkes kelas VII SMP Negeri 2 Wedi Klaten adalah cukup baik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Pembelajaran Lompat Jauh, Pendekatan Saintifik, Mata Pelajaran Penjasorkes
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 24 Nov 2017 02:09
Last Modified: 30 Jan 2019 15:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54028

Actions (login required)

View Item View Item