Keefektifan Metode Bermain Peran terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V SD Gugus 3 Bogor Utara Kota Bogor.

Kharismaya, Rani (2017) Keefektifan Metode Bermain Peran terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V SD Gugus 3 Bogor Utara Kota Bogor. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesisi-rani-kharismaya-15712259035.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui keefektifan metode bermain peran terhadap keterampilan berbicara siswa.Penelitian ini merupakan quasi eksperiment dengan menggunakan pretest dan posttest control grup design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas V SD Gugus 3 Bogor Utara Kota Bogor sebanyak sepuluh sekolah. Sampel penelitian yang ditentukan dengan menggunakan teknik cluster random sampling, hasil yang didapat adalah siswa kelas VB SDN Cimahpar 2 sebanyak 36 siswa sebagai kelas eksperimen, dan siswa kelas VA SDN Cimahpar 1 sebanyak 42 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data keterampilan berbicara diperoleh dari pretest dan posttest. Validasi instrumen diukur dengan uji statistic pearson correlation dan reliabilitas dihitung dengan rumus Alpha Cronbach’s. Teknik analisis data yang digunakan yaitu independent sample t-test dengan taraf signifikansi 0.05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan keefektifan metode bermain peran terhadap keterampilan berbicara siswa dengan nilai signifikansi 0.000. Dengan demikian metode bermain peran lebih efektif digunakan untuk mengembangkan keterampilan berbicara siswa kelas V pada materi unsur cerita dan peristiwa faktual yang terjadi di sekitar pada pelajaran bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: metode bermain peran, keterampilan berbicara.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 08 Nov 2017 03:01
Last Modified: 09 May 2019 08:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53843

Actions (login required)

View Item View Item