PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GAME KUDAPAN NUSANTARA UNTUK SISWA SMK BOGA

Pandu, Permana (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GAME KUDAPAN NUSANTARA UNTUK SISWA SMK BOGA. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Skripsi Pandu Permana (11511241041).pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan media game pembelajaran kudapan nusantara 2) mengetahui kelayakan media game pembelajaran kudapan nusantara berdasarkan ahli materi 3) mengetahui kelayakan media game pembelajaran kudapan nusantara berdasarkan ahli media 4) mengetahui kelayakan media game pembelajaran kudapan nusantara berdasarkan pengguna (peserta didik). Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu R&D (Research and Development) dengan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, Dissseminate). Penelitian ini dilakukan pada bulan Februari 2016-Agustus 2017. Objek penelitian adalah media pembelajaran game kudapan nusantara dengan software adobe flash untuk siswa SMK Boga. Validasi kelayakan media game pembelajaran kudapan nusantara melalui tahap validasi materi dan validasi media oleh expert serta penilaian calon pengguna (user) sebanyak 15 siswa SMK Tata Boga. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah menggunakan metode snowball sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis statistik deskriptif yang kemudian diubah menjadi data dengan skala likert. Hasil penelitian ini adalah 1) pengembangan media pembelajaran game kudapan nusantara menggunakan Adobe Flash melalui tahap 4D yaitu Define (analisis kebutuhan, analisis konsep, spesifikasi tujuan), Design (penyusunan isi media, pembuatan gambar & animasi, pembuatan media dalam adobe flash), Develop (revisi ahli, validasi ahli materi, validasi ahli media, uji validasi) dan Disseminate (penyebaran media kepada user). 2) Hasil uji kelayakan media game pembelajaran berdasarkan ahli materi dinyatakan layak dengan rerata skor pada aspek pembelajaran 3,29 dan aspek isi 3,25. 3) Hasil uji kelayakan media game pembelajaran berdasarkan ahli media dinyatakan layak dengan rerata skor pada aspek tampilan media 3,42 dan aspek pemrograman 3,45. 4) media pembelajaran game kudapan nusantara menggunakan Adobe Flash dinyatakan layak sebagai media pembelajaran oleh siswa. Hasil skor tiap aspek yang diperoleh melalui analisis deskriptif adalah: a) aspek tampilan dengan rerata skor 3,53, b) aspek pemrograman dengan rerata skor 3,43, c) aspek pembelajaran dengan rerata skor 3,49, d)aspek isi dengan rerata skor 3,37.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: adobe flash, media pembelajaran game kudapan nusantara
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 07 Nov 2017 01:43
Last Modified: 30 Jan 2019 15:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53777

Actions (login required)

View Item View Item