Modifikasi Permainan Softball sebagai Pembelajaran Pendidikan Jasmani Siswa Sekolah Dasar Kelas Atas

Khalista, Gunawan Pandu (2017) Modifikasi Permainan Softball sebagai Pembelajaran Pendidikan Jasmani Siswa Sekolah Dasar Kelas Atas. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-gunawan-pandhu-khalista-11711251019.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model permainan softball sebagai pembelajaran pendidikan jasmani siswa sekolah dasar kelas atas. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan. Desain uji coba penelitian ini meliputi (1) produk awal, (2) validasi ahli, (3) uji coba skala kecil dan revisi, (4) uji coba skala besar dan revisi, dan (5) produk akhir. Uji coba penelitian dilakukan terhadap tiga sekolah dasar kelas atas di Yogyakarta. Uji coba skala kecil dilakukan kepada 30 siswa SD Negeri Berbah 2, Krikilan, Tegaltirto, Berbah, Sleman. Uji coba skala besar dilakukan kepada 58 siswa kelas IV dan V SD Negeri Klodangan, Gamelan, Sendangtirto, Berbah, Sleman dan 59 siswa kelas IV dan V SD Negeri Ungaran 1, Kotabaru, Gondokusuman, Yogyakarta. Jenis data kualitatif dan kuantitatif. Instrumen pengumpulan data berupa kuisioner/angket. Teknik analisis data yang digunakan analisis data deskriptif. Hasil akhir penelitian modifikasi permainan softball adalah berupa sebuah buku peraturan permainan Soft-Kast. Para ahli dan guru menyampaikan bahwa produk permainan yang dihasilkan sesuai dan dapat diterapkan di sekolah dasar kelas atas. Hal ini terlihat dari hasil jawaban observasi dengan 16 pertanyaan yang semuanya dijawab sesuai. Pandangan dari siswa terlihat dari jawaban yang didapat dari 10 pertanyaan yaitu 95,72% siswa dapat melakukan permainan, 97,43% dapat bekerja sama dalam permainan, 93,16% permainan mudah dilakukan, 100% menyukai alat yang digunakan, 99,14% senang membuat siswa bergerak, 90,59% mampu memahami peraturan permainan, 98,29% siswa mematuhi peraturan yang diterapkan di dalam permainan ini, 81,20% siswa tidak mengalami kesulitan dalam melakukan permainan ini, dan 92,30% siswa tidak takut melakukan permainan yang diajarkan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: modifikasi, model permainan, dan softball
Subjects: Olahraga
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 01 Nov 2017 01:03
Last Modified: 11 Jan 2022 02:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53712

Actions (login required)

View Item View Item