Khotimah, Khotimah (2017) Pengaruh Lingkungan Belajar, Minat Belajar, dan Kemampuan Pemahaman Konsep Terhadap Kesulitan Belajar Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri se-Kecamatan Sulang, Rembang. S2 thesis, UNY.
Text
tesis-khotimah-15712251030.swf Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) lingkungan belajar, minat belajar, kemampuan pemahaman konsep dan kesulitan belajar matematika siswa kelas V SD Negeri se-Kecamatan Sulang, Rembang (2) pengaruh lingkungan belajar, minat belajar, dan kemampuan pemahaman konsep terhadap kesulitan belajar matematika siswa kelas V SD Negeri se-Kecamatan Sulang (3) hubungan kausal baik secara langsung maupun tidak langsung antara lingkungan belajar, minat belajar, dan kemampuan pemahaman konsep terhadap kesulitan belajar matematika siswa kelas V SD Negeri se-Kecamatan Sulang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif yang bersifat survei. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri se-Kecamatan Sulang yang berjumlah 542. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan stratified proporsional random sampling berdasarkan strata sekolah dilihat dari nilai UN tahun 2015/2016 dengan responden sebanyak 290 siswa. Pengumpulan data menggunakan angket dan soal tes. Angket digunakan untuk mengukur lingkungan belajar dan minat belajar sedangkan soal tes digunakan untuk mengukur kemampuan pemahaman konsep dan kesulitan belajar. Uji prasyarat analisis yang digunakan adalah uji normalitas, uji linearitas, uji heteroskedastisitas, serta uji multikolonieritas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi ganda dan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) lingkungan belajar, minat belajar, dan kemampuan pemahaman konsep siswa kelas V SD Negeri se-Kecamatan Sulang berada pada kategori baik sedangkan kesulitan belajar matematika siswa kelas V SD Negeri se-Kecamatan Sulang berada pada kategori sangat tinggi; (2) lingkungan belajar, minat belajar, dan kemampuan pemahaman konsep secara bersama-sama mempunyai pengaruh negatif dan signifikan terhadap kesulitan belajar matematika dengan memberikan sumbangan sebesar 42,1%; (3) lingkungan belajar mempunyai pengaruh langsung dan signifikan terhadap kesulitan belajar sebesar -0,434, mempunyai pengaruh langsung dam signifikan terhadap minat belajar sebesar 0,296, mempunyai pengaruh langsung dan signifikan terhadap kemampuan pemahaman konspe sebesar 0,369, sedangkan total pengaruh tidak langsung lingkungan belajar terhadap kesulitan sebesar -0,14455. Minat belajar mempunyai pengaruh langsung dan signifikan terhadap kesulitan belajar sebesar -0,216, mempunyai pengaruh langsung dan signifikan terhadap kemampuan pemahaman konsep sebesar 0,136, dan total pengaruh tidak langsung minat belajar terhadap kesulitan belajar sebesar 0,026792, Kemampuan pemahaman konsep berpengaruh langsung terhadap kesulitan belajar sebesar -0,197
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | lingkungan belajar, minat belajar, kemampuan pemahaman konsep, dan kesulitan belajar matematika |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 25 Oct 2017 01:55 |
Last Modified: | 09 May 2019 08:23 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53583 |
Actions (login required)
View Item |