Pengembangan Instrumen Evaluasi Model CIPP Pada Penerapan Penilaian Proyek Pembelajaran IPA Untuk Mengukur Keterampilan Berpikir Kreatif.

Lestari, Sri (2017) Pengembangan Instrumen Evaluasi Model CIPP Pada Penerapan Penilaian Proyek Pembelajaran IPA Untuk Mengukur Keterampilan Berpikir Kreatif. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-sri-lestari-15708251025.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui karakteristik instrumen evaluasi penerapan penilaian proyek; (2) mendeskripsikan hasil evaluasi penerapan penilaian proyek. Penelitian ini merupakan research & development menggunakan model pengembangan perpaduan 4D pada tahap pengembangan instrumen evaluasi model CIPP. Prosedur meliputi: (1) define, yakni analisis kebutuhan, (2) design, yakni menentukan spesifikasi instrumen, menulis instrumen, menentukan skala instrumen, menentukan sistem penskoran, (3) develop, yakni mentelaah instrumen, merakit instrumen, mengujicoba instrumen, menganalisis hasil ujicoba, memperbaiki instrumen, melaksanakan pengukuran, menafsirkan hasil pengukuran; dan (4) disseminate, yakni penyebaran instrumen. Uji coba produk dilakukan di SMPN 5 Yogyakarta dan SMPN 1 Sleman kelas VII. Pengambilan data melalui wawancara, angket dan observasi. Instrumen pengambilan data yang digunakan adalah lembar: (1) pedoman wawancara, (2) validasi instrumen evaluasi model CIPP, (3) instrumen evaluasi model CIPP, (4) angket respon pengguna/guru terhadap instrumen evaluasi model CIPP. Hasil instrumen tersebut secara urut digunakan untuk: (1) menilai kebutuhan, (2) mengevaluasi penerapan penilaian proyek, (3) mengukur kepraktisan instrumen evaluasi model CIPP. Penelitian ini menunjukkan hasil sebagai berikut: (1) Instrumen evaluasi model CIPP memiliki kategori kategori valid berdasarkan penilaian experts judgement dengan koefisien V Aiken 0,90-1, reliabilitas memiliki kategori baik pada semua aspek, serta kepraktisan memiliki kategori baik pada semua aspek. (2) Hasil evaluasi penerapan penilaian proyek dengan dengan menggunakan instrumen evaluasi model CIPP di SMPN 5 Yogyakarta dan SMPN 1 pada semua aspek (context, input proses dan product) memiliki kategori Baik.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: evaluasi model CIPP, penilaian proyek, keterampilan berpikir kreatif
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 24 Oct 2017 01:02
Last Modified: 09 May 2019 08:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53546

Actions (login required)

View Item View Item