Pengembangan Physics Comprehensive and Contextual Teaching Material (PhysCCTM) Berbantuan Android Untuk Meningkatkan HOTS dan Sikap Terbuka Siswa SMA/MA

Adi, Nugraha Prasetya (2017) Pengembangan Physics Comprehensive and Contextual Teaching Material (PhysCCTM) Berbantuan Android Untuk Meningkatkan HOTS dan Sikap Terbuka Siswa SMA/MA. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-nugroho-prasetya-adi-15726251024.swf

Download (21B)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) untuk menghasilkan Physics Comprehensive and Contextual Teaching Material (PhysCCTM) berbantuan android yang layak untuk pembelajaran teori kinetik gas di SMA/MA, dan (2) menguji efektivitas Physics Comprehensive and Contextual Teaching Material (PhysCCTM) berbantuan android dalam meningkatkan Higher Order Thingking Skill (HOTS) dan sikap terbuka siswa SMA/MA. Penelitian pengembangan ini menggunakan metode R&D dengan model 4D yang meliputi tahap (1) Define, (2) Design, (3) Develop, dan (4) Disseminate. Produk yang dihasilkan adalah Physics Comprehensive and Contextual Teaching Material (PhysCCTM) berbantuan android. Subjek uji coba terbatas terdiri dari 25 siswa kelas XI MIPA 1 SMA N 1 Temon Kulonprogo dan 34 siswa kelas XI MIPA 4 MAN 1 Wonosobo. Subjek uji coba lapangan terdiri dari 140 siswa pada kelas eksperimen dan 137 siswa pada kelas kontrol yang berada pada 5 sekolah yaitu SMA N 1 Wonosobo, SMA N 2 Wonosobo, SMA N 1 Mojotengah Wonosobo, SMA N 1 Kertek Wonosobo, dan SMA Muhammadiyah 1 Wonosobo. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar penilaian perangkat pembelajaran, lembar penilaian media pembelajaran, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, lembar penilaian HOTS, angket sikap terbuka, dan angket respon siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif, analisis N-Gain, uji statistik multivariat Hotelling’s T2 dan analisis effect size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa telah dihasilkan produk bahan ajar PhysCCTM berbantuan android yang: (1) layak digunakan untuk meningkatkan HOTS dan sikap terbuka dengan kategori sangat baik berdasarkan penilaian ahli dan guru, serta kategori baik berdasarkan respon peserta didik, dan (2) efektif untuk meningkatkan HOTS dan sikap terbuka siswa secara signifikan berdasarkan dari analisis effect size dengan nilai f = 0,173 terhadap HOTS dan f = 0,121 terhadap sikap terbuka.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Physics Comprehensive and Contextual Teaching Material (PhysCCTM) berbantuan android, Higher Thinking Order Skill (HOTS), sikap terbuka
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 17 Oct 2017 04:07
Last Modified: 09 May 2019 08:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53357

Actions (login required)

View Item View Item