Keefektifan Penerapan Eksperimen Terbimbing Terhadap Sikap Peduli Lingkungan dan Pemahaman Konsep Siswa Kelas X MIPA SMA Pada Pokok Bahasan Pencemaran Lingkungan.

Ambarwati, Ema (2017) Keefektifan Penerapan Eksperimen Terbimbing Terhadap Sikap Peduli Lingkungan dan Pemahaman Konsep Siswa Kelas X MIPA SMA Pada Pokok Bahasan Pencemaran Lingkungan. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-ema-ambarwati-15725251018.swf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektif/tidaknya penerapan eksperimen terbimbing terhadap sikap peduli lingkungan dan pemahaman konsep siswa kelas X MIPA SMA pada pokok bahasan pencemaran lingkungan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (Quashi Experiment), yang dilaksanakan di SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Sampel penelitian yang digunakan adalah kelas X MIPA-5 sebagai kelas perlakuan dengan menerapkan eksperimen terbimbing, dan kelas X MIPA-6 sebagai kelas kontrol yaitu menerapkan metode pembelajaran konvensional. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2016/2017. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah tes dan angket. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji independent sample t-test (uji t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan eksperimen terbimbing terhadap sikap peduli lingkungan memiliki nilai signifikansi 0,006 (p < 0,05) dan terhadap pemahaman konsep siswa memiliki nilai signifikansi 0,032 (p < 0,05). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan eksperimen terbimbing efektif terhadap sikap peduli lingkungan dan pemahaman konsep siswa kelas X.MIPA pada pokok bahasan pencemaran lingkungan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Eksperimen Terbimbing, Sikap Peduli Lingkungan, Pemahaman Konsep, Pencemaran Lingkungan.
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 09 Oct 2017 03:21
Last Modified: 09 May 2019 08:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53195

Actions (login required)

View Item View Item