Pengaruh Kelekatan Kerja dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Tenaga Kependidikan yang Dimediasi Oleh Keterikatan Kerja di Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta

Supriadi, Didi (2017) Pengaruh Kelekatan Kerja dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Tenaga Kependidikan yang Dimediasi Oleh Keterikatan Kerja di Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-didi-supriadi-15703254003.swf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh kelekatan kerja terhadap keterikatan kerja tenaga kependidikan UST Yogyakarta, (2) pengaruh kepuasan kerja terhadap keterikatan kerja tenaga kependidikan UST Yogyakarta, (3) pengaruh kelekatan kerja terhadap kinerja tenaga kependidikan UST Yogyakarta, (4) pengaruh kepuasan kerja terhadap kinerja tenaga kependidikan UST Yogyakarta, dan (5) pengaruh keterikatan kerja terhadap kinerja tenaga kependidikan UST Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional. Desain penelitian adalah ex post facto dengan studi korelasional yang meneliti hubungan antar variabel penelitian. Waktu penelitian dilakukan pada bulan Januari-April 2017. Sampel penelitian menggunakan 118 orang tenaga kependidikan di UST Yogyakarta.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis Structural Equation Modelling (SEM) dengan menggunakan bantuan software Lisrel 8.50. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelekatan kerja secara signifikan berpengaruh positif terhadap keterikatan kerja tenaga kependidikan UST Yogyakarta. Kepuasan kerja secara signifikan berpengaruh positif terhadap keterikatan kerja tenaga kependidikan UST Yogyakarta. Kelekatan kerja tidak terbukti berpengaruh terhadap kinerja tenaga kependidikan UST Yogyakarta. Pengaruh kelekatan kerja terhadap kinerja akan lebih kuat secara tidak langsung melalui keterikatan kerja. Kepuasan kerja secara signifikan berpengaruh positif terhadap kinerja tenaga kependidikan UST Yogyakarta. Keterikatan kerja secara signifikan berpengaruh positif terhadap kinerja tenaga kependidikan UST Yogyakarta. Keterikatan kerja akan membuat pegawai merasa terinspirasi, termotivasi, dan energik untuk melakukan pekerjaan, sehingga berdampak terhadap peningkatan kinerja.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pendidikan tinggi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 29 Sep 2017 03:17
Last Modified: 29 Jan 2019 12:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53026

Actions (login required)

View Item View Item