Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Metode Field Trip untuk Meningkatkan Minat dan Literasi IPA Peserta Didik SMP Negeri 6 Halmahera Barat

Amarullah, Asmawati (2017) Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Metode Field Trip untuk Meningkatkan Minat dan Literasi IPA Peserta Didik SMP Negeri 6 Halmahera Barat. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-asmawati-amarullah-15708259009.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan perangkat pembelajaran IPA metode field trip yang layak untuk materi “Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungannya” dan (2) mengetahui peningkatan minat dan literasi IPA peserta didik setelah menggunakan perangkat pembelajaran IPA metode field trip. Penelitian pengembangan ini mengacu pada model pengembangan yang dikembagkan oleh Borg and Gall yang meliputi: (1) studi pendahuluan, (2) perencanaan, (3) penyusunan draf produk, (4) validasi produk, (5) uji coba dan revisi, (6) kajian produk akhir dan (7) desiminasi produk. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 6 Halmahera Barat. Subjek uji coba dalam penelitian dan pengembangan ini adalah peserta didik kelas VII Tahun Pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 59 peserta didik dengan rincian: (1) uji coba awal menggunakan peserta didik dari kelas VIIC sejumlah 9 orang, dan (2) uji coba utama menggunakan 25 peserta didik dari kelas VIIA sebagai kelas eksperimen dan 25 peserta didik kelas VIIB sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi minat terhadap IPA, angket minat terhadap IPA, soal pilihan ganda literasi IPA, angket respon peserta didik terhadap LKPD, dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan kuantitaf, gain standard, serta analisis signifikansi dengan One Way Manova T2 Hotelling. Hasil penelitian berupa seperangkat pembelajaran IPA metode field trip terdiri dari Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) dan penilaian. Perangkat Pembelajaran tersebut telah valid, praktis dan efektif menurut ahli dan praktisi dengan kategori “sangat baik” untuk pembelajaran IPA materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya. Perangkat pembelajaran yang digunakan dapat meningkatkan minat dan literasi IPA peserta didik kelas VII SMP.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Ilmu Pengetahuan Alam
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 29 Sep 2017 03:07
Last Modified: 29 Jan 2019 12:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53024

Actions (login required)

View Item View Item