PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN KIMIA STORY OF ATOM UNTUK KELAS X SMA/MA

Kamila, Sheila Wahyu (2017) PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN KIMIA STORY OF ATOM UNTUK KELAS X SMA/MA. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNY.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk enghasilkan buku pengayaan kimia Story of Atom untuk kelas X SMA/MA dan mengetahui kualitas buku pengayaan kimia Story of Atom untuk kelas X SMA/MA. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan prosedural yang mengadaptasi prosedur penelitian dan pengembangan (R&D) Borg dan Gall, yaitu: 1) penelitian dan pengumpulan data; 2) perencanaan; 3) pengembangan draf produk; 4) uji coba produk dengan peninjauan oleh siswa SMA/MA, dan 5) perbaikan produk berdasarkan hasiluji coba. Penilaian kualitas buku pengayaan kimia Story of Atom untuk kelas X SMA/MA dilakukan oleh 5 orang guru kimia SMA/MA menggunakan instrumen penilaian berupa kuesioner berskala 5 yang meliputi penilaian terhadap kelayakan materi/isi, penyajian, dan bahasa dan gambar yang disesuaikan dengan spesifikasi produk yang dikembangkan. Penelitian ini menghasilkan produk berupa buku pengayaan kimia Story of Atom untuk kelas X SMA/MA. Hasil penilaian produk menunjukkan: 1) skor ratarata aspek kelayakan materi/isi adalah 50,8 dari skor maksimal ideal 55 dengan persen keidealan sebesar 92,4% sehingga masuk ke dalam kategori baik (B); 2) skor rata-rata aspek penyajian adalah 49,2 dari skor maksimal ideal 55 dengan persen keidealan sebesar 89,5% sehingga masuk ke dalam kategori baik (B); 3) rata-rata skor aspek kebahasaan dan gambar adalah 34,6 dari skor maksimal ideal 40 dengan persen keidealan sebesar 86,5% sehingga masuk ke dalam kategori baik (B); 4) skor rata-rata buku pengayaan kimia Story of Atom secara keseluruhan adalah 134,6 dari skor maksimal 150 dengan persentase keidealan sebesar 89,7% sehingga berada pada kategori Baik (B). Dengan demikian, buku pengayaan kimia Story of Atom untuk kelas X SMA/MA layak digunakan sebagai sumber belajar bagi peserta didik SMA/MA.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 25 Sep 2017 01:59
Last Modified: 30 Jan 2019 15:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52889

Actions (login required)

View Item View Item