Tegaryuanti Febrika, Wulandari (2017) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SIFAT-SIFAT BANGUN RUANG PADA SISWA KELAS V SD NEGERI BENDO 3 MENGGUNAKAN MODEL BANGUN RUANG. S1 thesis, PGSD.
Text
Tegaryuanti F W.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri bendo 3 pada materi sifat-sifat bangun ruang dengan menggunakan model bangun ruang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis dan McTaggart. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD N Bendo 3 yang berjumlah 10 siswa. Objek peneitian ini adalah hasil belajar sifat-sifat bangun ruang. Metode pengmpulan data menggunakan tes dan observasi. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil Penelitian menunjukkan penggunaan model bangun ruang dapat meningkatkan hasil belajar sifat-sifat bangun ruang siswa kelas V SD N Bendo 3. Peningkatan terlihat dari nilai siswa pada materi sifat-sifat bangun ruang sebelum dan sesudah diberi tindakan. Peningkatan nilai rata-ratanya yaitu dari prasiklus sebesar 61,7, siklus I sebesar 72,5 dan pada siklus II sebesar 86,7. Persentase ketuntasan pada prasiklus mencapai 40%, siklus I mencapai 70% dan pada siklus II mencapai 100%. Dari hasil tersebut dapat dilihat adanya peningkatan nilai rata-rata dari prasiklus ke siklus II sebesar 24,7. Selain itu, kualitas proses pembelajaran juga meningkat. Peningkatan aktivitas siswa yaitu dari siklus I sebesar 55,7% menjadi 73% pada siklus II dengan kategori baik. Kata kunci : hasil belajar, sifat-sifat bangun ruang, model bangun ruang.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin PGSD FIP |
Date Deposited: | 20 Sep 2017 03:21 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 15:09 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52869 |
Actions (login required)
View Item |