Putu, Darsana (2017) PENGEMBANGAN MODUL MATA PELAJARAN PERENCANAAN DAN INSTALASI SISTEM AUDIO UNTUK SISWA KELAS XII PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK AUDIO VIDEO SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Teknik.
|
Text
LAPORAN SKRIPSI.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) membuat suatu modul perencanaan dan instalasi sistem audio untuk peserta didik Kelas XII Program Keahlian Teknik Audio Video SMK Negeri 3 Yogyakarta; 2) mengetahui kelayakan modul perencanaan dan instalasi sistem audio sebagai bahan ajar Kelas XII Program Keahlian Teknik Audio Video SMK Negeri 3 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian research and development (R&D). Tahap pembuatan modul meliputi: 1) analisis kebutuhan, 2) pengumpulan referensi, 3) desain, 4) penyusunan modul, 5) validasi, 6) revisi, 7) uji coba pemakaian, 8) revisi uji coba, 9) produksi modul. Objek penelitian ini adalah modul perencanaan dan instalasi sistem audio. Metode pengumpulan data menggunakan instrumen berupa angket. Adapun validasi media modul pembelajaran melibatkan dua ahli materi pembelajaran dan dua ahli media pembelajaran sedangkan uji validasi instrumen pada peserta didik menggunakan analisis faktor diperoleh tingkat validitas 90,751% dalam kategori sangat valid. Reliabilitas diukur dengan Alpha Cronbach, koefisien reliabilitas 0.974 dalam kategori sangat reliable. Selain itu uji pemakaian dilakukan oleh 30 peserta didik. Teknik analisis data hasil uji coba menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembuatan modul perencanaan dan instalasi sistem audio sudah sesuai dengan rancangan sebagai bahan ajar perencanaan dan instalasi sistem audio Kelas XII Program Keahlian Teknik Audio Video SMK Negeri 3 Yogyakarta. Hasil validasi isi oleh dua orang ahli materi dilihat dari aspek kualitas materi, bahasa dan penyajian secara keseluruhan memperoleh validitas sebesar 93,19% dengan kategori sangat layak. Validasi oleh dua orang ahli media pembelajaran ditinjau dari aspek kualitas grafika secara keseluruhan memperoleh validitas sebesar 87,50% dengan kategori sangat layak. Sedangkan uji pemakaian oleh peserta didik ditinjau dari aspek kualitas penyajian, bahasa, grafika dan manfaat secara keseluruhan mendapatkan persentase sebesar 83,18% dengan kategori sangat layak. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa modul perencanaan dan instalasi sistem audio layak dan sesuai untuk digunakan sebagai bahan ajar peserta didik di SMK Negeri 3 Yogyakarta.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengembangan, bahan ajar,modul, perencanaan dan instalasi sistem audio |
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika |
Depositing User: | Perpustakaan FT |
Date Deposited: | 29 Aug 2017 02:03 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 15:00 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52544 |
Actions (login required)
View Item |