MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF TEKNIK LISTRIK BERBASIS ADOBE FLASH CS6 PADA PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK AUDIO VIDEO KELAS X SMK NEGERI 2 DEPOK SLEMAN

Muhammad, Nasirudin (2017) MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF TEKNIK LISTRIK BERBASIS ADOBE FLASH CS6 PADA PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK AUDIO VIDEO KELAS X SMK NEGERI 2 DEPOK SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
12502244003_Muhammad Nasirudin_PTE_Naskah Skripsi.pdf

Download (19MB) | Preview

Abstract

Inovasi media pembelajaran perlu dilakukan untuk mempermudah dan memperkaya keilmuan siswa dalam instansi atau lembaga pendidikan. Tujuan penelitian ini dirancang untuk merealisasikan media pembelajaran interaktif Teknik Listrik kelas X TAV SMK Negeri 2 Depok dan mengetahui kelayakan media pembelajaran interaktif Teknik Listrik kelas X TAV SMK Negeri 2 Depok . Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development dengan tahapan pengembangan meliputi tahap analisis potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain (tahap I), uji coba produk, revisi produk (tahap II), uji coba pemakaian, revisi produk (tahap III), dan produksi. Media pembelajaran interaktif ini dikembangakan menggunakan software Adobe Flash CS6 dan hardware laptop. Validator media pembelajaran interaktif ini terdiri dari dua ahli materi dan dua ahli media. Subyek uji coba produk terdiri dari 12 siswa, sedangkan subyek uji coba pemakaian terdiri dari 26 siswa kelas X TAV SMK Negeri 2 Depok Sleman. Metode pengumpulan data menggunakan angket skala likert. Data uji coba yang diperoleh selanjutnya dianalisis dengan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian ini adalah terrealisasikannya media pembelajaran interaktif Teknik Listrik dengan materi konsep dasar dari sifat beban R, L, dan C pada rangkaian dengan sumber DC dan AC, konsep dasar pembangkit frekuensi osilasi menggunakan rangkaian RLC, perhitungan daya pada beban yang bersifat R, L, dan C dari rangkaian dengan sumber DC dan AC, perhitungan frekuensi osilasi dari konsep dasar rangkaian RLC. Media pembelajaran interaktif yang dikembangkan juga diketahui hasilnya sangat layak digunakan untuk proses pembelajaran siswa kelas X TAV SMK Negeri 2 Depok Sleman. Tingkat kelayakan media pembelajaran interaktif diperoleh dari validator ahli materi sebesar 4.47 pada kategori sangat layak, ahli media sebesar 4.56 pada kategori sangat layak, uji coba produk sebesar 4.17 pada kategori layak, dan uji coba pemakaian sebesar 4.18 pada kategori layak.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Media, Pembelajaran, Interaktif, Kelayakan
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Elektronika dan Informatika > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: Perpustakaan FT UNY
Date Deposited: 24 Aug 2017 01:17
Last Modified: 24 Aug 2017 01:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52276

Actions (login required)

View Item View Item