PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA, DISIPLIN BELAJAR DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI SMK 17 MAGELANG TAHUN AJARAN 2016/2017

NUGROHO, CAHYO ADI (2017) PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA, DISIPLIN BELAJAR DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI SMK 17 MAGELANG TAHUN AJARAN 2016/2017. S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_CAHYO ADI NUGROHO_13803241018.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:1) Pengaruh Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Akuntansi, 2) Pengaruh Disiplin Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi, 3) Pengaruh Lingkungan Teman Sebaya terhadap Prestasi Belajar Akuntansi, dan 4) Pengaruh Perhatian Orang Tua, Disiplin Belajar, dan Lingkungan Teman Sebaya secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi. Penelitian ini merupakan penelitian ex post-facto. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh Siswa Kelas X Program Keahlian Akuntansi SMK 17 Magelang Tahun Ajaran 2016/2017 sebanyak 53 siswa. Pengumpulan data menggunakan metode angket. Uji coba instrumen penelitian dilakukan di SMK 17 Magelang di kelas XI Program Keahlian Akuntansi sebanyak 28 siswa. Uji validitas menggunakan korelasi Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan Cronbach’s Alpha. Pengujian prasyarat analisis meliputi uji linearitas dan uji multikolinearitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi sederhana untuk hipotesis pertama, kedua dan ketiga serta analisis regresi ganda untuk hipotesis keempat. Hasil penelitian ini adalah 1) Perhatian Orang Tua berpengaruh positif terhadap Prestasi Belajar Akuntansi yang ditunjukkan dengan nilai rx1y = 0,647; r2x1y = 0,419; 2) Disiplin Belajar berpengaruh positif terhadap Prestasi Belajar Akuntansi yang ditunjukkan dengan nilai rx2y = 0,460; r2x2y = 0,211; 3) Lingkungan Teman Sebaya berpengaruh positif terhadap Prestasi Belajar Akuntansi yang ditunjukkan dengan nilai rx3y = 0,666; r2x3y = 0,443; dan 4) Perhatian Orang Tua, Disiplin Belajar, dan Lingkungan Teman Sebaya berpengaruh positif terhadap Prestasi Belajar Akuntansi yang ditunjukkan dengan nilai Ry(123) = 0,706; R2y(123) = 0,499, dengan total sumbangan efektif 49,89% yang artinya Perhatian Orang Tua, Disiplin Belajar, dan Lingkungan Teman Sebaya secara bersama-sama mempengaruhi Prestasi Belajar Akuntansi sebesar 49,89% dan 50,11% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Perhatian Orang Tua, Disiplin Belajar, Lingkungan Teman Sebaya, Prestasi Belajar Akuntansi .
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 16 Aug 2017 04:27
Last Modified: 30 Jan 2019 14:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52148

Actions (login required)

View Item View Item