HUBUNGAN MINAT DAN EFIKASI DIRI DENGAN KEDISIPLINAN BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI SEKECAMATAN PENGASIH KABUPATEN KULON PROGO DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Munawaroh, Siti (2017) HUBUNGAN MINAT DAN EFIKASI DIRI DENGAN KEDISIPLINAN BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI SEKECAMATAN PENGASIH KABUPATEN KULON PROGO DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Siti Munawaroh.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan minat dan efikasi diri dengan kedisiplinan belajar PKn siswa. Kedisiplinan belajar adalah perhatian, konsistensi, serta kepatuhan dalam mengikuti pelajaran. Pada kehidupan siswa di sekolah kedisiplinann belajar merupakan salah satu penentu keberhasilan tercapainya tujuan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD se-Kecamatan Pengasih, Kabupaten Kulon Progo yang berjumlah 592 siswa dan diambil sampel sebanyak 239 siswa yang ditentukan dengan rumus Slovin. Pengambilan sampel menggunakan Area sampling. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data minat belajar, efikasi diri, dan kedisiplinan belajar yang berjumlah 129 item yaitu skala psikologi. Instrumen ini diujicobakan pada 30 siswa. Uji validitas instrumen dilakukan dengan menggunakan teknik expert judgement, sedangkan untuk mengetahui daya beda item menggunakan korelasi product moment Pearson. Reabilitas instrumen diketahui dengan Alpha Cronbach. Uji prasyarat analisis yang dilakukan adalah uji normalitas, uji linearitas, dan uji multikolinearitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) minat belajar memiliki hubungan yang signifikan dengan kedisiplinan belajar siswa dengan sumbangan sebesar 34%; 2) efikasi diri memiliki hubungan yang signifikan dengan kedisiplinan belajar siswa dengan sumbangan sebesar 37%; 3) minat belajar memiliki hubungan yang signifikan dengan efikasi diri dengan sumbangan sebesar 57%; dan 4) minat belajar dan efikasi diri memiliki hubungan yang signifikan terhadap kedisiplinan belajar siswa secara bersama-sama dengan sumbangan sebesar 40,40%. Kata kunci: minat belajar, efikasi diri, kedisiplinan belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 15 Aug 2017 04:24
Last Modified: 30 Jan 2019 14:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52097

Actions (login required)

View Item View Item