Puspitasari, Anggun Taruna (2017) PENGARUH MODEL QUANTUM LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) PADA KELAS V SD DI GUGUS DANUREJAN KECAMATAN DANUREJAN YOGYAKARTA. S1 thesis, PGSD.
Text
Anggun Taruna Puspitasari.pdf Restricted to Registered users only Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran quantum learning terhadap pemahaman konsep IPS kelas V SD di Gugus Danurejan. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperiment. Populasi penelitian ini siswa kelas V SD Segugus Danurejan. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Sampel penelitian adalah SD N Tegalpanggung dan SD N Widoro. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah soal tes pilihan ganda. Validitas instrumen dihitung menggunakan program computer SPSS 16.0. penelitian ini menggunakan data pretest dan posttest dengan analisis uji hipotesis t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model quantum learning dengan menggunakan strategi TANDUR (Tumbuhkan, Alami, Namai, Demonstrasikan, Ulangi, dan Rayakan) dapat memengaruhi pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SD N Tegalpanggung. Hal ini ditunjukan dengan adanya uji t-test dan perubahan nilai rata-rata kelas. Hasil uji hipotesis menunjukan harga t > t (2,188>2,028,) dengan angka signifikasi 0,035< 0,05. Jadi, dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima. Hal tersebut juga membuktikan bahwa terdapat perbedaan pemahaman konsep IPS antara siswa yang diajar dengan model quantum learning dan siswa yang diajar dengan metode ceramah. Kata kunci: model quantum learning, pemahaman konsep IPS
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial > Pendidikan IPS Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin PGSD FIP |
Date Deposited: | 10 Aug 2017 08:44 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 14:46 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51924 |
Actions (login required)
View Item |