Hasanah, Arfin (2017) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS GUIDED INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN PRACTICAL SKILLS DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK SMP KELAS VII. S1 thesis, FMIPA UNY.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (136kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (183kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (353kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (442kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (187kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) menghasilkan LKPD berbasis guidedinquiry yang layak untuk meningkatkan practicalskills dan hasil belajar kognitif peserta didik SMP kelas VII, (2) mengetahui respon peserta didik terhadap LKPD berbasis guidedinquiry, (3) mengetahui peningkatan practicalskills peserta didik SMP kelas VII setelah menggunakan LKPD berbasis guidedinquiry, dan (4) mengetahui peningkatan hasil belajar kognitif peserta didik SMP kelas VII setelah menggunakan LKPD berbasis guidedinquiry. Penelitian ini menggunakan desain pengembangan 4D yang meliputi tahap define (pendefinisian), design (perencangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Pada tahap define dilakukan dengan analisis awal, analisis peserta didik, analisis tugas, analisis konsep, dan merumuskan tujuan pembelajaran. Pada tahap design dilakukan penyusunan instrumen, pemilihan media, pemilihan format, dan rancangan produk awal. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini meliputi angket validasi LKPD, lembar observasi keterlaksaan pembelajaran dengan pendekatan guided inquiry,lembar observasi practical skills, soal pretest-posttest, dan angket respon peserta didik terhadap LKPD. Tahap develop meliputi tahap peninjauan oleh dosen pembimbing, penilaian ahli oleh dosen ahli dan guru IPA, dan uji coba produk. Subjek dalam penelitian ini adalah 28 peserta didik kelas VII FMTs Negeri 6 Bantul. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Analisis kualitatif berupa uraian komentar dan saran dari validator sedangkan analisis data kuantitatif dengan menggunakan perhitungan persentase penguasaan practical skills dan peningkatan hasil belajar kognitif menggunakan gain score serta analisis skor respon peserta didik terhadap LKPD. Pada tahap disseminate, penyebaran hanya dilakukan terbatas di MTs Negeri 6 Bantul. Hasil penelitian ini adalah (1) LKPD berbasis guided inquiry yang layak dengan skor 115,5 dari 124 dan termasuk kategoti sangat baik. (2) Respon peserta didik memperoleh skor 129,5 dari 160 dengan kategori baik. (3) Pembelajaran dengan menggunakan LKPD yang dikembangkan mampu meningkatkan practical skill dengan persentase peningkatan 49,79% pada pertemuan pertama, 80,04% pada pertemuan kedua, dan 86,08% pada pertemuan ketiga. (4) Pembelajaran dengan menggunakan LKPD yang dikembangkan mampu meningkatkan hasil belajar kognitif dengan skor peningkatan sebesar 0,33 dan termasuk dalam kategori sedang. Kata kunci : guided inquiry,hasil belajar kognitif, LKPD, practical skills The research aims (1) to produce a guided inquiry based student worksheets which is feasible to develop practical skills and cognitive result of VII grade of junior high school student, (2) to know student response toward guided inquiry based student worksheets, (3) to know the increase of seventh grade high school student’s practical skills after using a guided inquiry based student worksheets, (4) to know the increase of seventh grade high school student’s cognitive result after using a guided inquiry based student worksheets. The research model that is being conducted is 4D model, consist of define, design, develop, and disseminate stage. In the define stage, initial analysis, analysis of students, task analysis, concept analysis, and formulation of learning objectives were conducted. In the design stage, building instruments, selecting media, selecting format, and preliminary design were conducted. The instruments of this research are student worksheets validation form, practical skills observation form, pretest-posttest question of cognitive result, and student response questioner toward student worksheets. Then, in developed stage covers the stages of consideration by consultants, assessment experts (validation by expert lecturers and science teachers) and trial products. The subjects of this research are 28 seventh grade high school student of F class in MTs N 6 Bantul. Data were analyzed using qualitative and quantitative data analysis. Qualitative data analysis is a description of comments and suggestions from validators, while quantitative data analysis use the percentage calculation of practical skills and the increase of cognitive result using gain score as well as the score analysis of student’s responses toward student worksheets developed. The disseminate phase is only done to a limited extent in MTs N 6 Bantul. Result of this research are (1) the student worksheets is feasible which score 115.5 from 124 categorizes as very good. (2) The score of student responses is 129.5 from 180 categorizes as good. (3) Practical skills after using guided inquiry based student worksheets can increase from 49.79 % in activity one to to 80.04% in activity two and 86.08% in activity three. (4) Cognitive result after using guided inquiry based student worksheets can increase with gain score were 0.33 and categorizes as medium gain.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | cognitive result, guided inquiry, practical skills, student worksheet |
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan IPA |
Depositing User: | Admin Pendidikan IPA FMIPA |
Date Deposited: | 13 Oct 2017 01:40 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 14:42 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51408 |
Actions (login required)
View Item |