LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN PERIODE 15 JULI - 15 SEPTEMBER 2016 LOKASI: SMA NEGERI 4 MAGELANG

Damai Setiati, Damai Setiati (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN PERIODE 15 JULI - 15 SEPTEMBER 2016 LOKASI: SMA NEGERI 4 MAGELANG. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
DAMAI SETIATI (13303244003) P.KIMIA I.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu bentuk pendidikan dengan memberikan pelatihan dan pengalaman belajar yang berhubungan dengan masyarakat khususunya dunia pendidikan/sekolah. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pengalaman kepada mahasiswa sebagai calon guru dalam kegiatan belajar mengajar dan praktik persekolahan. Adapun tujuan dari praktik pengalaman lapangan ini diantaranya agar dapat memfasilitasi mahasiswa dalam menerapkan ilmu yang sudah didapat, membekali mahasiswa dengan pengalaman langsung pembelajaran di sekolah serta memberikan gambaran kepada mahasiswa mengenai guru profesional dengan keempat kompetensi yang harus dimiliki. Dalam pelaksanaan PPL yang bertempat di SMA Negeri 4 Magelang, para praktikan mencoba mengajarkan materi sesuai dengan bidang keahlian. Persiapan yang dilakukan sebelum Praktik Pengalama Lapangan (PPL) yakni pengajaran mikro, pembekalan PPL, observasi lingkungan dan fasilitas sekolah, observasi pembelajaran di kelas, dan penyusunan perangkat pembelajaran. Kegiatan PPL dimulai tanggal 15 Juli 2016 sampai dengan 15 September 2016 yang terdapat beberapa kegiatan atau program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yakni penyusunan silabus, dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), praktik mengajar di kelas, mempelajari administrasi guru, bimbingan dengan guru pembimbing lapangan dan dosen pembimbing lapangan, serta penyusunan dan pelaksanaan evaluasi PPL Praktikan mengajar mata pelajaran kimia kelas X MIPA 1 dan kelas X MIPA 2 selama 6 minggu. Selain kegiatan mengajar, sekolah juga membekali siswa dengan kegiatan non mengajar semacam bertugas piket, membantu administrasi di perpustakaan dan membimbing ekstrakurikuler. Selama praktik mengajar kimia di SMA Negeri 4 Magelang tentu ada hambatan namun hambatan tersebut dapat segera diselesaikan dengan bimbingan dari guru pembimbing, dosen pembimbing lapangan program studi kimia serta mahasiswa kimia UNY. Dengan PPL mahasiswa mendapatkan banyak ilmu dan pengetahuan yang sangat berguna sebagai bekal seorang calon guru kimia. Mahasiswa juga mempunyai gambaran dan terpacu untuk meningkatkan kualitas agar menjadi seorang guru kimia yang profesional dengan tetap mengedepankan akhlak.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : PPL, SMA Negeri 4 Magelang, Kimia
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 01 Aug 2017 03:36
Last Modified: 01 Oct 2019 11:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51396

Actions (login required)

View Item View Item