Anisa Nuraini Lutfiyati, Anisa Nuraini Lutfiyati (2016) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMP NEGERI 1 MUNTILAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
LAPORAN PPL ANISA NURAINI (13416244020) PEND.IPS.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan program kegiatan yang dilihat dari aspek manajemen dan waktu dengan tujuan mengembangkan kompetensi mahasiswa sebagai calon guru atau pendidik atau tenaga kependidikan dan dilaksanakan oleh mahasiswa program studi kependidikan.Standar kompetensi PPL dirumuskan dengan mengacu dalam konteks kehidupan guru sebagai anggota masyarakat yakni kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, dan kompetensi sosial. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di SMP Negeri 1 Muntilan.Sekolah ini beralamat di Jl.Pemuda No. 161, Muntilan, Kabupaten Magelang.Program PPL di SMP Negeri 1 Muntilan, dilaksanakan pada tanggal 15 Juli 2016 sampai dengan 15 September 2016. Dalam kegiatan PPL, praktikan mendapatkan kesempatan untuk mengikuti kegiatan rutin 4S (sambut, senyum, sapa, salam), Pendampingan Program pembiasaan pagi, praktek mengajar di kelas VIIF dan VIIG, Pendampingan Kegiatan OSIS, Pendampingan Kegiatan Perkemahan, Pendampingan Karnaval, dan Pendampingan Kegiatan Kepramukaan. Praktek mengajar diisi dengan materi apresiasi dan ekspresi. Selain praktik mengajar praktikan juga membuat perangkat pembelajaran yang terdiri dari: RPP/pertemuan, media pembelajaran, dan evaluasi. Selama melaksanakan PPL, kegiatan yang dilakukan yaitu: 1) Observasi, 2) Praktik mengejar terbimbing, 3) Praktik mengajar mandiri. Semua kegiatan dilaksanakan di SMP Negeri 1 Muntilan dan mendapatkan umpan balik dari guru pembimbing. Mata pelajaran yang diajarkan yaitu Ilmu Pengetahuan Sosial dan terbagi kedalam sembilan materi yaitu Saling Melengkapi; Pemahaman Lokasi Melalui Peta; Letak dan Luas Indonesia; Potensi Sumber Daya Alam Indonesia; Jumlah Penduduk;Persebaran Penduduk; Komposisi Penduduk; Pertumbuhan dan Kualitas Penduduk; dan Keragaman Etnik dan Budaya.Dalam kegiatan praktik mengajar di Sekolah, secara langsung praktikan dibimbing oleh guru pembimbing.Dengan adanya pengalaman tentang penyelenggaraan sekolah ini diharapkan praktikan mempunyai bekal untuk menjadi tenaga pendidik yang profesional. Dalam pelaksanaan program PPL ini mahasiswa mendapat banyak pengalaman langsung dan pengetahuan dalam hal kependidikan yang akan dijadikan bekal dan beguna di kemudian hari. Selain itu, penulis lebih mengetahui masalah-masalah rill yang dihadapi di dalam kelas.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci :PPL, Kegiatan, Pembelajaran. |
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 26 Jul 2017 08:53 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 11:33 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51179 |
Actions (login required)
View Item |