PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SISTEM EFI PADA MATA PELAJARAN PEMELIHARAAN KELISTRIKAN KENDARAAN RINGAN (PKKR) KELAS XII JURUSAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN (TKR) DI SMK NEGERI 1 SEYEGAN SLEMAN

Muhammad, Fathurrrahman (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SISTEM EFI PADA MATA PELAJARAN PEMELIHARAAN KELISTRIKAN KENDARAAN RINGAN (PKKR) KELAS XII JURUSAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN (TKR) DI SMK NEGERI 1 SEYEGAN SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SISTEM EFI PADA MATA PELAJARAN PKKR DI SMK NEGERI 1 SEYEGAN SLEMAN.pdf

Download (19MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis computer pada kompetensi dasar system EFI untuk siswa kelas XII jurusan TKR SMK N 1 Seyegan Sleman, (2) Mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis computer pada kompetensi dasar system EFI untuk siswa kelas XII jurusan TKR SMK N 1 Seyegan Sleman. Penelitian yang dilakukan merupakan jenis penelitian pengembangan menggunakan metode ADDIE (Analysis, Design, Development and Implementation, Evaluation). Pengujian kelayakan dilakukan sebanyak tiga kali yaitu Tahap pertama dilakukan uji kelayakan oleh ahli media dan ahli materi. Setelah dilakukan uji kelayakan oleh para ahli, kemudian dilakukan uji coba kelompok terhadap beberapa siswa kelompok kecil berjumlah 10 siswa. Tahap terakhir uji kelayakan adalah uji coba kelompok besar. Populasi penelitian adalah siswa Kelas XI Jurusan TKR SMK N 1 Seyegan sejumlah 31 orang. Data dikumpulkan dengan observasi, wawancara, dan angket. Analisis data dilakukan dengan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil dari penelitian didapatkan: (1) Media pembelajaran sistem EFI yang dikembangkan memiliki 3 menu utama, yaitu prolog, bantuan dan materi. Prolog berisi dua materi yaitu profil jurusan dan profil pengembang, bantuan berisi materi petunjuk penggunaan media serta materi yang berisi sub menu pembelajaran, pengertian, komponen, pemeriksaan dan evaluasi. (2) Kelayakan Media didapatkan rerata skor total dari ketiga aspek penilaian oleh ahli media adalah 4,18 dengan kategori “Sangat Layak” . Sedangkan ahli materi memberikan rerata skor total dari empat aspek penilaian sebesar 4,67 dengan kategori “Sangat Layak”. Hasil respon siswa kelompok besar menghasilkan rerata skor 4,0 dengan kategori “Sangat Baik”. Kata Kunci : Media Pembelajaran, Sistem EFI, Berbasis Komputer.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 26 Jul 2017 03:42
Last Modified: 30 Jan 2019 14:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51006

Actions (login required)

View Item View Item