Mandasari, Astri Nurvidya (2017) Peningkatan Pembelajaran Lompat Jauh Gaya Berjalan di Udara melalui Metode Kooperatif Team Games Tournamen (TGT) Menggunakan Alat Bantu pada Siswa SMP Muh 1 Seyegan. S2 thesis, UNY.
Text
tesis-astri-nurvidya-mandasari-11711251016.pdf Restricted to Registered users only Download (14MB) |
Abstract
Kurangnya minat siswa dalam mengikuti pembelajaran Pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan, khususnya pembelajaran atletik nomor lompat jauh. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pembelajaran lompat jauh gaya berjalan di udara melalui metode kooperatif Team Games Tournament (TGT) menggunakan alat bantu pada siswa kelas VIII C SMP Muh 1 Seyegan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII C SMP Muh 1 Seyegan berjumlah 25 siswa. Instrumen penelitian, yaitu: pedoman observasi, lembar observasi terhadap guru, lembar observasi terhadap situasi kelas, lembar observasi terhadap perilaku siswa, dan angket. Indikator keberhasilan, yaitu prestasi belajar lompat jauh gaya berjalan minimal sebanyak 75% dari total siswa tuntas (KKM 75). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui metode kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) dengan alat bantu melewati bilah, kardus, ban bekas, dan meraih sasaran lingkaran dapat meningkatkan hasil belajar keterampilan lompat jauh gaya berjalan di udara. Hal ini ditunjukkan dari data prestasi lompat jauh gaya berjalan di udara pada tahap pra tindakan sebanyak 28% (7 siswa) Tuntas, meningkat pada siklus I sebesar 68% (17 siswa) Tuntas, dilanjutkan pada siklus II siswa yang Tuntas sebesar 100% (25 siswa).
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | lompat jauh |
Subjects: | Olahraga |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Ilmu Keolahragaan |
Depositing User: | Users 57 not found. |
Date Deposited: | 20 Jul 2017 03:04 |
Last Modified: | 11 Jan 2022 03:14 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50861 |
Actions (login required)
View Item |