PENINGKATAN SKILL PENGOPERASIAN KAMERA DSLR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION PADA MATA PELAJARAN KOMPOSISI FOTO DIGITAL SISWA KELAS XI MULTIMEDIA SMK NEGERI 1 KLATEN

Mega, Yuliantika (2017) PENINGKATAN SKILL PENGOPERASIAN KAMERA DSLR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION PADA MATA PELAJARAN KOMPOSISI FOTO DIGITAL SISWA KELAS XI MULTIMEDIA SMK NEGERI 1 KLATEN. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
TUGAS AKHIR SKRIPSI_Mega.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan skill pengoperasian kamera DSLR pada siswa kelas XI Multimedia (MM) 2 di SMK Negeri 1 Klaten setelah diterapkan model pembelajaran direct instruction pada mata pelajaran Komposisi Foto Digital. Jenis penelitian yang dilakukan merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan menggunakan model spiral Kemmis & Mc Taggart. Penelitian dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian siswa kelas XI MM 2 di SMK Negeri 1 Klaten berjumlah 36 siswa. Obyek penelitian peningkatan skill pengoperasian kamera DSLR siswa pada mata pelajaran Komposisi Foto Digital. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dokumentasi, dan catatan lapangan. Metode analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata skill pengoperasian kamera DSLR siswa pada pertemuan pertama siklus I sebesar 53,06 dan meningkat menjadi 61,02 pada pertemuan kedua. Sedangkan nilai rata-rata skill pengoperasian kamera DSLR siswa pada pertemuan pertama siklus II sebesar 73,61 dan meningkat menjadi 81,02 pada pertemuan kedua. Sedangkan persentase jumlah siswa yang mencapai nilai KKM pada tes kognitif sebesar 86,11% pada siklus I dan meningkat menjadi 91,67% pada siklus II. Berdasarkan uraian di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan model pembelajaran direct instruction dapat meningkatkan skill pengoperasian kamera DSLR siswa kelas XI MM 2 pada mata pelajaran Komposisi Foto Digital.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: skill pengoperasian kamera DSLR, komposisi foto digital, direct instruction
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknologi Informasi
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Elektronika dan Informatika > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 21 Jul 2017 02:30
Last Modified: 30 Jan 2019 14:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50855

Actions (login required)

View Item View Item