Deviana Fadhillatie Azizah, Deviana Fadhillatie Azizah (2016) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK KOPERASI YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
5. Deviana F.A 13401241017 PknH.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan mata kuliah wajib berbobot 3 SKS yang harus ditempuh oleh setiap mahasiswa kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta.Praktik Pengalaman Lapangan Universitas Negeri Yogyakarta Semester Khusus yang berlokasi di SMK Koperasi telah dilaksanakan mahasiswa PPL pada tanggal 18 Juli sampai dengan tanggal 15 September 2016. Kelompok PPL di lokasi ini terdiri dari 11 mahasiswa dari program Bimbingan Konseling, Pendidikan Akuntansi Internasional, Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Pendidikan Seni Rupa dan Pendidikan Kewarganegaraan. Tujuan penyusun melakukan PraktikPengalaman Lapangan ini untuk mendapatkan pengalaman tentang proses pembelajaran dan kegiatan sekolah lainnya yang digunakan sebagai bekal untuk menjadi tenaga pendidik. Setelah melakukan PPL diharapkan mahasiswa peserta PPL mampu meningkatkan kompetensinya sebagai calon pendidik yang professional dan mampu memiliki nilai, sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang harus dimiliki seorang pendidik. Pelaksanaan kegiatan PPL dimulai dari observasi hingga pelaksanaan PPL yang terbagi menjadi beberapa tahap yaitu persiapan mengajar, pelaksanaan mengajar, dan evaluasi hasil mengajar. Pelaksanaan PPL dilaksanakan di kelas XI DKV 2 dan XII AK 1 dengan mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan yang berjumlah masing-masing 29 dan 30 anak dengan total jumlah mengajar sebanyak 8-10 kali di 2 kelas tersebut termasuk pelaksanaan ulangan harian, jadi keseluruhan jumlah praktik mengajar sebanyak 12 kali.Selain praktik mengajar, program kegiatan PPL juga meliputi penyusunan perangkat administrasi guru, program pendampingan kegiatan sekolah seperti Pramuka, Gerakan Disiplin Sekolah/tonti, OSIS, dan Ekstrakulikuler Olahraga.Secara umum kegiatan PPL berjalan dengan lancar dengan sedikit hambatan. Hambatan yang muncul merupakan hal yang wajar. Namun, dengan kerjasama antar anggota PPL hambatan-hambatan bisa ditekan dan p rogram bisa terlaksana. Dari pelaksanaan PPL yang selama kurang lebih dua bulan di SMK Koperasi, mahasiswa PPL dapat mendapatkan berbagai manfaat antara lain seperti: penerapan ilmu pengetahuan dan praktik keguruan di bidang Kewarganegaraan yang diperoleh di bangku perkuliahan serta pemahaman baru mengenai tugas nyata pendidik di lapangan, serta mahasiswa bisa memperoleh pengalaman mengajar peserta didik dengan perilaku dan sikap yang berbeda.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 19 Jun 2017 06:57 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 11:34 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49981 |
Actions (login required)
View Item |