Keefektifan Metode Inkuiri terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa Kelas V SD Negeri di Kecamatan Aikmel pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia

Hamdani, Moh Alfian (2017) Keefektifan Metode Inkuiri terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa Kelas V SD Negeri di Kecamatan Aikmel pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-moh-alfian-hamdani-11712251007.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) keefektifan metode inkuiri dalam peningkatan motivasi belajar. (2) keefektifan metode inkuiri terhadap peningkatan prestasi belajar. (3) perbedaan keefektifan metode inkuiri dibandingkan dengan metode konvensional terhadap peningkatan motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri 5 Lenek Lauk dan SD Negeri 4 Lenek Lauk pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan variabel bebas metode inkuiri dan metode konvensional, sedangkan variabel terikatnya adalah motivasi dan prestasi belajar bahasa Indonesia. Desain penelitian ini menggunakan desain pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah SD Negeri di kecamatan Aikmel sebanyak 40 SD Negeri. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling dengan siswa kelas V SD Negeri 5 Lenek Lauk sebanyak 28 siswa sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas V SD Negeri 4 Lenek Lauk sebanyak 36 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian terdiri dari tes untuk prestasi belajar siswa dan angket untuk motivasi belajar siswa. Analisis data menggunakan uji independent sample t-test dan N-gain. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. Pertama, metode inkuiri efektif dalam peningkatan motivasi belajar bahasa Indonesia. Hal ini dibuktikan dari output nilai t sebesar 5.657 dengan signifikansi sebesar 0.00 (sigifikansi < 0.05). Kedua, metode inkuiri efektif dalam peningkatan prestasi belajar bahasa Indonesia. Hal ini dibuktikan dari output nilai t sebesar 9.267 dengan signifikansi sebesar 0.00 (sigifikansi < 0.05). Ketiga, ada perbedaan keefektifan metode inkuiri dibandingkan dengan metode konvensional dalam peningkatan motivasi dan prestasi belajar bahasa Indonesia. Hal ini dibuktikan dari hasil uji N-gain motivasi belajar bahasa Indonesia kelas kontrol menggunakan metode konvensional sebesar 0.21, di mana 0.21≤ 0.3, maka dapat disimpulkan kelas kontrol dapat dinyatakan dalam kategori rendah, sedangkan pada kelas eksperimen dengan menggunakan metode inkuiri menunjukkan hasil N-Gain 0.52, di mana 0.70> 0.52 ≥ 0.3, maka dapat disimpulkan, pada kelas eksperimen dapat dinyatakan dalam kategori sedang. Uji N-gain prestasi belajar bahasa Indonesia kelas kontrol menggunakan metode konvensional sebesar 0.07, di mana 0.07≤ 0.3, maka dapat disimpulkan kelas kontrol dapat dinyatakan dalam kategori rendah, sedangkan pada kelas eksperimen dengan menggunakan metode inkuiri menunjukkan hasil N-Gain 0.58, di mana 0.70> 0.58 ≥ 0.3, maka dapat disimpulkan, pada kelas eksperimen dapat dinyatakan dalam kategori sedang.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: prestasi belajar, metode pengajaran
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 15 Jun 2017 08:59
Last Modified: 29 Jan 2019 12:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49894

Actions (login required)

View Item View Item