LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)

APRILIA TRI AMBARWATI, APRILIA TRI AMBARWATI (2016) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
aprilia tri ambarwati 13513241005.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah wajib tempuh bagi mahasiswa program studi kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta yang bertujuan untuk memberikan pengalaman mengajar bagi mahasiswa. Pelaksanaan PPL berlangsung selama 2 bulan dari tanggal 15 Juli sampai 15 September 2016 yang berlokasi di SMK Karya Rini YHI KOWANI. Kelompok PPL di lokasi ini terdiri dari 8 mahasiswa dari 2 Program Studi, yaitu: Pendidikan Teknik Busana dan Pendidikan Teknik Boga. SMK Karya Rini YHI KOWANI terdapat 2 program keahlian yakni: Busana Butik dan Administrasi Perhotelan. Mahasiswa program studi Pendidikan Teknik Busana mengajar siswa di program keahlian Busana Butik. Kegiatan PPL yang telah dilaksanakan oleh mahasiswa meliputi pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), penyusunan materi, pembuatan media, pembuatan soal, praktik mengajar mandiri, evaluasi dan tindak lanjut, serta kegiatan persekolahan yang lain. Dalam kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan mahasiswa diberikan kesempatan untuk melakukan Praktik Mengajar Mandiri selama 9 kali pertemuan dengan 9 Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) mulai tanggal 15 Juli sampai 15 September 2016 Mahasiswa mengajar 2 mata pelajaran yakni Membuat Pola dan Busana Pria kelas XI Busana. Metode yang digunakan dalam pembelajaran adalah ceramah, tanya jawab, diskusi kelompok dan presentasi. Media yang digunakan adalah Microsoft Powerpoint tentang materi, laptop, LCD, Chart dan papan tulis. Kegiatan PPL dapat terlaksana dengan baik dan lancar, namun tetap saja mahasiswa menemui hambatan dalam pelaksanaan Praktik PPL tersebut, antaranya sarana dan prasarana yang kurang memadai untuk proses pembelajaran, tingkat pemahaman materi yang tidak sama antar siswa, terjadinya kesenjangan keaktifan siswa dan kemampuan siswa, terdapat beberapa siswa yang sulit dikondisikan pada saat proses belajar. Munculnya hambatan dalam pelaksanaan kegiatan merupakan hal yang wajar. Tetapi hal tersebut dapat di atasi dengan adanya bantuan dari berbagai pihak. Keberadaan mahasiswa PPL UNY 2016 diharapkan dapat membuat perubahan–perubahan sebagai upaya memajukan pendidikan Indonesia.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : PPL UNY 2016, SMK Karya Rini, Membuat Pola dan Busana Pria
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 09 Jun 2017 03:29
Last Modified: 01 Oct 2019 11:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49653

Actions (login required)

View Item View Item