LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)

Ariffin Noor Hidayat, Ariffin Noor Hidayat (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Pend. Teknik Informatika_13520244028 AriffinNoorHidayat.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) merupakan salah satu perguruan tinggi negeri yang sebagian program studinya adalah kependidikan. Untuk itu UNY sebagai sebuah universitas berbasis pendidikan menyelenggarakan mata kuliah wajib yaitu Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah salah satu program dari Universitas Negeri Yogyakarta dalam menyelenggarakan pendidikan akademik, profesi, dan vokasi dalam bidang kependidikan yang mengutamakan ketaqwaan, kemandirian, dan kecendikian. Pada kegiatan PPL mahasiswa dapat memberikan bantuan pemikiran, tenaga serta ilmu pengetahuan dalam merencanakan dan melaksanakan program pengembangan sekolah. Sebelum melaksanakan PPL ada serangkaian kegiatan pra PPL yang dilaksanakan dari mulai pembekalan, micro teaching, dan penyerahan mahasiswa ke Sekolah untuk observasi agar siap melaksanakan PPL. Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) telah dilaksanakan di SMK Negeri 3 Yogyakarta selama 2 bulan pada semester khusus mulai dilaksanakan pada tanggal 15 Juli 2016 sampai dengan 15 September 2016. Dalam pelaksanaanya mahasiswa mahasiswa PPL melaksanakan pembelajaran terbimbing dan pembelajaran mandiri pada mata pelajaran Komunikasi Data dan Sistem Operasi Jaringan. Mahasiswa untuk satu kelas yaitu XI KJ dengan jumlah pertemuan mata pelajaran Komunikasi Data sebanyak 8 kali dan jumlah pertemuan mata pelajaran Sistem Operasi Jaringan sebanyak 6 kali. Sehingga total pertemuan yakni 14 pertemuan. Metode yang digunakan adalah ceramah, diskusi, Discovery Learning, Problem Based Learning (PBL), Project Based Learning (PjBL), jobsheet dan latihan soal. Untuk mendukung kegiatan pembelajaran digunakan beberapa media, antara lain gambar, video, slide PowerPoint, beserta alat dan bahan yang digunakan dalam pembelajaran. Adapun keberhasilan dari pelaksanaan program tidak terlepas dari bantuan berbagai pihak. Keterlibatan Guru Pembimbing, Dosen Pembimbing Lapangan (PPL), dan peserta didik yaitu siswa-siswi SMK Negeri 3 Yogyakarta sangat berpengaruh terhadap kesuksesan praktikan. Harapannya untuk pelaksanaan PPL periode yang akan datang ada baiknya jika antara pihak sekolah dan mahasiswa lebih meningkatkan kerjasama agar dapat lebih bermanfaat bagi semua pihak.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : PPL, Mahasiswa, UNY, SMK Negeri 3 Yogyakarta
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 08 Jun 2017 02:19
Last Modified: 01 Oct 2019 11:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49556

Actions (login required)

View Item View Item