Antonius Bayu Bimantara, Antonius Bayu Bimantara (2016) LAPORAN AKHIR PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
Text
abstrak.doc Download (29kB) |
|
Text
cover.docx Download (147kB) |
|
Text
DOKUMENTASI.doc Download (57MB) |
|
Text
halaman pengesahan, kata pengantar, daftar isi, daftar lampiran, abstrak.rtf Download (3MB) |
|
Text
ISI LAPORAN BYE FIX.doc Download (271kB) |
|
Text
LAPORAN MINGGUAN PELAKSANAAN PPL BYE FIX.doc Download (418kB) |
|
Text
lembar pengesahan bye fix.doc Download (77kB) |
|
Text
MATRIKS PROGRAM KERJA bye fix.rtf Download (1MB) |
|
Text
serapan dana bye fix.doc Download (49kB) |
Abstract
Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan suatu bentuk pendidikan yang memberikan pengalaman kepada mahasiswa untuk mempelajari, mengenal, dan mendalami permasalahan-permasalahan pada lembaga pendidikan. Tujuan dari pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah sebagai wahana dan sarana bagi mahasiswa dalam menerapkan ilmu serta pengetahuan yang telah didapat selama kuliah guna mengukur seberapa besar kemampuannya dalam melakukan peran sebagai anggota masyarakat. Pada kelompok Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di sekolah, mahasiswa diharapkan dapat memberikan bantuan pemikiran, tenaga dan ilmu pengetahuan dalam merencanakan dan melaksanakan program pengembangan atau pembangunan sekolah. Dalam hal ini akan tampak peranan mahasiswa sebagai organisator, fasilitator, asessor dan motivator dalam rangka merangsang peningkatan kualitas sekolah, baik secara fisik maupun non fisik. Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di SDN Surokarsan 2 dilakukan mulai tanggal 15 Juli 2016 hingga 15 September 2016. Setelah melakukan observasi dan mengamati kondisi yang ada, mahasiswa praktikan merencanakan beberapa program kerja yang sekiranya akan dilakukan selama masa PPL. Program tersebut meliputi penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), persiapan dan pembuatan media, dan praktik mengajar. Dalam praktik mengajar, mahasiswa melakukan 4 kali praktik mengajar terbimbing, 4 kali praktik mengajar mandiri, serta 1 kali ujian praktik mengajar. Seluruh kegiatan PPL dapat terlaksana dengan baik. Meskipun ada sedikit kendala dalam pelaksanaannya, namun kendala tersebut dapat diatasi dengan adanya bantuan dan kerjasama yang baik dari seluruh rekan mahasiswa serta pihak sekolah. Dari pelaksanaan PPL tersebut mahasiswa dapat memperoleh pengalaman dalam hal manajerial di sekolah dan permasalahan yang dihadapi yang bermanfaat sebagai bekal untuk menjadi tenaga pendidik yang profesional.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) |
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 05 Jun 2017 05:49 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 11:33 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49460 |
Actions (login required)
View Item |