Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Integratif Berbasis Edutainment untuk Meningkatkan Prestasi Belajar dan Percaya Diri Siswa Kelas 2 SD Plus Darul Ulum Kabupaten Jombang

Putri, Dya Ayu Agustiana (2017) Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Integratif Berbasis Edutainment untuk Meningkatkan Prestasi Belajar dan Percaya Diri Siswa Kelas 2 SD Plus Darul Ulum Kabupaten Jombang. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-dya-ayu-agustiana-putri-14712251059.swf

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) menghasilkan modul pembelajaran tematik integratif berbasis edutainment yang layak untuk meningkatkan prestasi belajar dan percaya diri siswa kelas 2 SD Darul Ulum Plus Kabupaten Jombang, dan (2) menguji efektivitas modul pembelajaran tematik integratif berbasis edutainment untuk meningkatkan prestasi belajar dan percaya diri siswa kelas 2 SD Darul Ulum Plus Kabupaten Jombang. Penelitian pengembangan ini menggunakan langkah-langkah model pengembangan Borg & Gall. Desain pengembangan ini dikelompokkan menjadi sepuluh langkah, yang terdiri dari: (1) research and information collecting, (2) planning,(3) developing preliminary form of product,(4) preliminary field testing, (5) main product revision, (6) main field testing, (7) operational product revision, (8) operational field testing,(9) final product revision, dan (10) dissemination and implementation.Uji coba awal (terbatas) dilakukan di SD Plus Darul Ulum Kabupaten Jombang dengan memberikan modul pembelajaran tematik integratif berbasis edutainment kepada 6 siswa dan 1 guru. Uji coba lapangan terdiri dari 30 siswa kelas 2A dan 1 guru SD Plus Darul Ulum Kabupaten Jombang. Uji coba produk operasional diujicobakan pada kelas eksperimen yang terdiri dari 30 siswa kelas 2B dan pada kelas kontrol terdiri dari 30 siswa kelas 2C SD Plus Darul Ulum Kabupaten Jombang. Data dikumpulkan dengan menggunakan pedoman wawancara, observasi, angket, dan tes prestasi belajar. Data dianalisis dengan menggunakan sampel independen t test dengan tingkat signifikasi 0,05. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa modul pembelajaran tematik integratif berbasis edutainment dikategorikan oleh ahli materi "baik", dan ahli modul pembelajaran dengan ketegori "sangat baik". Ada perbedaan prestasi belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah penggunaan modul pembelajaran tematik integratif berbasis edutainment dengan p < 0,05, dan juga ada peningkatan yang signifikan, dengan p = 0,0000. Hasil observasi percaya diri kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: prestasi belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 05 Jun 2017 04:43
Last Modified: 29 Jan 2019 12:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49455

Actions (login required)

View Item View Item