MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERCERITA BAHASA JAWA DENGAN METODE SOSIODRAMA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH NGLTIHAN KULON PROGO

Varistin, Reni (2017) MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERCERITA BAHASA JAWA DENGAN METODE SOSIODRAMA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH NGLTIHAN KULON PROGO. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Reni Varistin.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan bercerita bahasa Jawa menggunakan metode sosiodrama siswa kelas IV SD Muhammadiyah Nglatihan Kulon Progo. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) tipe kolaboratif. Penelitian ini dilaksanakan di SD Muhammadiyah Nglatihan Kulon Progo dengan subjek penelitian seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 12 siswa, terdiri atas 4 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Peneliti ini menggunakan desain penelitian tindakan yang dikembangkan oleh Hopkins dengan model spiral. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus tindakan. Setiap siklus terdiri atas tiga kali pertemuan. Pada setiap siklus terdapat kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi dan video. Sebelum digunakan dalam penelitian, tes divalidasi menggunakan validasi isi. Sementara teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode sosiodrama dengan memperhatikan keragaman kemampuan individu, memberikan penguatan, mempersiapkan tata panggung sebelum jam pelajaran serta menjelaskan aspek dalam penilaian keterampilan bercerita bahasa Jawa dapat meningkatkan keterampilan bercerita bahasa Jawa siswa kelas IV SD Muhammadiyah Nglatihan Kulon Progo. Peningkatan terlihat dari persentase jumlah siswa yang nilainya mencapai KKM (72). Sebelum dilakukan tindakan, persentase jumlah siswa yang mencapai KKM masih rendah yaitu 16,67%. Setelah dilakukan tindakan siklus I, persentase jumlah siswa yang mencapai KKM meningkat menjadi 33,33%. Pada akhir siklus II, persentase jumlah siswa yang mencapai KKM semakin meningkat menjadi 75%. Kata kunci: keterampilan bercerita, metode sosiodrama

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jawa
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 04 May 2017 07:41
Last Modified: 30 Jan 2019 14:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49041

Actions (login required)

View Item View Item