Ernawati, Nuning (2017) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, STATUS SOSIAL EKONOMI ORANGTUA, DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN AKTIVA TETAP SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK YPKK 2 SLEMAN TAHUN AJARAN 2016/2017. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.
|
Text
SKRIPSI_Nuning Ernawati_13803241007.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Aktiva Tetap Siswa Kelas XI Akuntansi SMK YPKK 2 Sleman Tahun Ajaran 2016/2017. (2) Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orangtua terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Aktiva Tetap Siswa Kelas XI Akuntansi SMK YPKK 2 Sleman Tahun Ajaran 2016/2017. (3) Pengaruh Lingkungan Sekolah terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Aktiva Tetap Siswa Kelas XI Akuntansi SMK YPKK 2 Sleman Tahun Ajaran 2016/2017. (4) Pengaruh Motivasi Belajar, Status Sosial Ekonomi Orangtua, dan Lingkungan Sekolah secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Aktiva Tetap Siswa Kelas XI Akuntansi SMK YPKK 2 Sleman Tahun Ajaran 2016/2017. Populasi pada penelitian ini adalah 115 siswa kelas XI Akuntansi SMK YPKK 2 Sleman Tahun Ajaran 2016/2017. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan angket. Dokumentasi digunakan untuk memperoleh data variabel Prestasi Belajar Mata Pelajaran Aktiva Tetap, angket dugunakan untuk memperoleh data variabel Motivasi Belajar, Status Sosial Ekonomi Orangtua, dan Lingkungan Sekolah. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji linearitas dan uji multikolinearitas. Uji hipotesis terdiri dari regresi sederhana, regresi ganda, sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Hasil penelitian ini adalah: (1) Terdapat pengaruh positif Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Aktiva Tetap ditunjukkan dengan Y=0,662X1+20,803, rx1y=0,419 dan r2x1y=0,175. (2) Terdapat pengaruh positif Status Sosial Ekonomi Orangtua terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Aktiva Tetap ditunjukkan dengan Y=0,960X2+52,843, rx2y=0,247 dan r2x2y=0,061. (3) Terdapat pengaruh positif Lingkungan Sekolah terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Aktiva Tetap ditunjukkan dengan Y=0,942X3+20,419, rx3y=0,357 dan r2x3y=0,128. (4) Terdapat pengaruh positif Motivasi Belajar, Status Sosial Ekonomi Orangtua, dan Lingkungan Sekolah terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Aktiva Tetap ditunjukkan dengan Y=0,465X1+0,917X2+0,621X3-12,365, Ry(1,2,3)=0,515 dan R2y(1,2,3)=0,265. Sumbangan Relatif dari variabel Motivasi Belajar 46,40%, variabel Status Sosial Ekonomi Orangtua 21,90%, dan variabel Lingkungan Sekolah 31,70%, dan total Sumbangan Efektif yaitu 26,50%.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi Belajar, Status Sosial Ekonomi Orangtua, Lingkungan Sekolah, Prestasi Belajar Mata Pelajaran Aktiva Tetap |
Subjects: | Umum > Penelitian Pendidikan > Pendidikan (Umum) Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Admin Akuntansi FE |
Date Deposited: | 27 Apr 2017 02:14 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 14:02 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48923 |
Actions (login required)
View Item |