Upaya Peningkatan Keterampilan Berbicara dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Menggunakan Metode Simulasi pada Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Bantul

Sinaga, Erhanaria (2009) Upaya Peningkatan Keterampilan Berbicara dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Menggunakan Metode Simulasi pada Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Bantul. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-erhanaria-sinaga-06706251012.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa dalam pembelajaran bahasa Inggris melalui penerapan metode simulasi pada siswa kelas X SMA Negeri 2 Bantul. Desain penelitian menggunakan model Kemmis dengan 3 siklus penelitian yang terdiri atas 9 langkah tindakan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X.2 SMA Negeri 2 Bantul yang terdiri dari 36 siswa dan objek penelitian adalah penerapan metode simulasi dalam pembelajaran keterampilan berbicara. Instrumen yang dipergunakan dalam penelitian ini berupa angket siswa, lembar observasi, lembar tugas, dan instrumen penilaian keterampilan berbicara. Data penelitian terbagi atas dua jenis yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif berupa hasil observasi, catatan hasil wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan data kuantitatif berupa hasil penelitian keterampilan berbicara pretest dan post-test yang dilakukan pada setiap akhir siklus, dan hasil penilaian tugas per pertemuan. Analisis data dilaksanakan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa penggunaan metode simulasi dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas X SMA Negeri 2 Bantul. Dengan metode simulasi, praktik pembelajaran yang meliputi alokasi waktu, pengorganisasian siswa, pemberian materi, penggunaan media dan metode, serta tugas dan tanggung jawab guru-siswa dapat berjalan dengan baik. Di samping itu dengan metode simulasi, komunikasi antara guru dan siswa menjadi baik. Hal ini ditunjukkan oleh kondisi bahwa guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk terlibat aktif dalam pembelajaran. Sementara itu, siswa dapat menggunakan bahasa secara fungsional, otentik, dan pragmatik untuk tujuan kebermaknaan. Siswa dapat menggunakan bahasa secara lisan dan tertulis di dalam kelas. Kegiatan dipusatkan pada siswa bukan pada guru. Siswa juga dapat mengkomunikasikan pikiran dan perasaannya sendiri. Selain itu siswa menggunakan bahasa Inggris dengan berinterpretasi, berekspresi, dan bernegosiasi. Metode simulasi juga dapat meningkatkan keberanian berbicara siswa. Keberanian berbicara siswa dari tindakan siklus I sampai dengan siklus III mengalami peningkatan yang berarti. Peningkatan tersebut dapat ditunjukkan oleh hasil: (a) keaktifan siswa mengemukakan pendapat melalui pengalaman-pengalaman belajarnya meningkat dari siklus I ke siklus III sebesar 33.3%, (b) keberanian siswa tampil berbicara dalam bahasa Inggris di depan kelas meningkat dari siklus I ke siklus III sebesar 14.3 %, (c) keaktifan siswa bertanya kepada guru untuk lebih mendalami pemahaman materi, meningkat dari siklus I ke siklus III sebesar 39.3%, dan (d) partisipasi secara aktif seluruh siswa dalam diskusi dan kegiatan kelompok meningkat dari siklus I ke siklus III sebesar 82.9%. Akhirnya, metode simulasi dapat meningkatkan kemampuan pemahaman dan penguasaan materi keterampilan berbicara siswa. Peningkatan tersebut dapat ditunjukkan dari perbedaan hasil penilaian pretest dan post-test. Pada siklus I nilai rerata pretest adalah 67.61 dan post-test sebesar 70.39 dengan persentase kenaikan sebesar 4.11%. Tindakan dilanjutkan ke siklus II, nilai rerata meningkat dari siklus I ke siklus II sebesar 72.39 dengan persentase kenaikan sebesar 2.84%. Pada akhir siklus III, nilai rerata yang diperoleh siswa meningkat menjadi 78.42 dengan persentase kenaikan dari siklus II ke siklus III sebesar 8.33%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran bahasa Inggris
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Inggris
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Linguistik Terapan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 20 Apr 2017 04:02
Last Modified: 06 Dec 2022 01:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48862

Actions (login required)

View Item View Item