Ariesta Widyarti, Ariesta Widyarti (2016) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
13209244011_ARIESTA WIDYARTI_P.SENI TARI.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Program PPL, merupakan salah satu mata kuliah wajib tempuh setelah mengambil mata kuliah lainnya yang berkaitan dengan PPL. Tujuan yang ingin dicapai adalah mengembangkan kompetensi mahasiswa sebagai calon pendidik atau tenaga kependidikan dan merupakan penerapan ilmu yang didapat dari perkuliahan maupun diluar perkuliahan, sehingga mampu mengembangkan potensi diri atau pengalaman mengajar secara real teaching di lingkungan sekolah. Kegiatan PPL di SMA Negeri 1 Jetis, merupakan salah satu kesempatan bagi mahasiswa khususnya mahasiswa jurusan kependidikan dalam menerapkan ilmu yang telah diperoleh di bangku kuliah untuk diterapkan secara nyata di lingkungan sekolah. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) bertujuan untuk melatih mahasiswa dalam menerapkan kemampuan mengajar materi baik apresiasi maupun ekspresi yang telah diperoleh selama perkuliahan. Program PPL di SMA Negeri 1 Jetis, dilaksanakan pada tanggal 15 Juli 2016- 15 September 2016. Dalam kegiatan PPL, praktikan mendapatkan kesempatan untuk mengikuti kegiatan rutin piket jabat tangan, Praktek mengajar di kelas XI IPA 2 dan XI IPA 4 serta kelas Ekstrakulikuler. Praktek mengajar diisi dengan materi teori dan praktek menari. Selain praktik mengajar praktikan juga membuat perangkat pembelajaran yang terdiri dari: RPP, media pembelajaran dan evaluasi. Di akhir pembelajaran tim PPL mengadakan pementasan yang diisi dengan tari-tarian dari hasil pembelajaran di kelas intra dan ekstra. Dalam kegiatan praktik mengajar di Sekolah, secara langsung praktikan dibimbing oleh guru pembimbing. Dengan adanya pengalaman tentang penyelenggaraan sekolah ini diharapkan praktikan mempunyai bekal untuk menjadi tenaga pendidik yang profesional. Hasil dari pelaksanaan PPL ini adalah terlaksananya kegiatan pembelajaran sesuai dengan apa yang direncanakan di awal pembelajaran. Setelah melaksanakan praktik mengajar di kelas dan melakukan kegiatan praktik persekolahan maka didapatkan hasil bahwa mahasiswa mendapatkan pengalaman dalam mengajar pembelajaran seni tari dalam kelas yang berjalan sesuai dengan RPP. Hambatan yang ada dapat dipecahkan berkat beberapa bantuan dari Guru pembimbing dan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) sehingga kegiatan PPL dapat berjalan dengan lancar dan memberikan manfaat yang banyak untuk mahasiswa calon pendidik. Dalam melaksanakan kegiatan PPL, praktikan berusaha sebaik mungkin dalam menjalankan tugas dan berusaha menjalin kerjasama dengan semua pihak yang terkait demi kelancaran proses PPL tersebut.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Laporan, PPL, Pembelajaran, Pendidik |
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 18 Apr 2017 00:17 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 11:33 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48771 |
Actions (login required)
View Item |