Dita Wahyuningsih, Dita Wahyuningsih (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
DITA_WAHYUNINGSIH_13111244013_PGPAUD (1).pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah kegiatan yang wajib diikuti oleh mahasiswa yang menempuh program studi kependidikan. Kegiatan tersebut bertujuan agar mahasiswa sebagai calon guru dapat mengembangkan kemampuannya dalam pembelajaran, dimulai dari menyusun rencana pembelajaran, membuat media pembelajaran, mengembangkan alat evaluasi, dan melaksanakan proses pembelajaran itu sendiri, serta mengembangkan seluruh kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang guru. Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan selama 2 bulan, yaitu mulai tanggal 15 Juli 2016 sampai dengan 15 September 2016. Program PPL dibagi menjadi dua yaitu program pengajaran dan program nonpengajaran. Program pengajaran meliputi program mengajar terbimbing, program mengajar mandiri, dan program mengajar menjadi guru pendamping. Untuk melaksanakan program pengajaran tersebut, mahasiswa harus melaksanakan beberapa tahap yaitu: penyususnan RKH, konsultasi RKH, pembuatan media pembelajaran, pembuatan instrumen, mengajar di kelas, evaluasi pembelajaran, dan menganalisis hasil pembelajaran. Berdasarkan analisis hasil mengajar, anak-anak mampu mengerjakan kegiatan yang diberikan. Anak-anak terlihat antusias karena kegiatan yang diberikan cenderung ke hasil karya. Program nonpengajaran yang dilaksanakan adalah Senam, lomba HUTRI ke-70, Jalan Sehat, pendampingan TPA,menggambar, jumat bersih.tamanisasi, revitalisasi media sekolah, posyandu,pendampingan administrasi kelas, pembuatan hiasan kelas,pengadaan papan daftar kehadiran siswa, revitalisasi papan sekolah, pembuatan KTSP, parenting,dan deteksi dini tumbuh kembang anak. Dalam kegitan pembelajaran dan nonpembelajaran mahasiswa dipantau secara langsung oleh guru kelas dan mendapatkan bimbingan bila diperlukan. Seluruh rangkaian kegiatan PPL dapat terlaksana dengan baik karena dukungan dan bimbingan serta kerjasama yang baik antara mahasiswa dan sekolah.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PPL, Perencanaan Program, Pelaksanaan Program, Analisis Hasil |
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 06 Apr 2017 00:52 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 11:34 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48508 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |