Implementasi Konsep Pendidikan Ki Hadjar Dewantara Sistem Among Sebagai Kearifan Lokal di SD Tamansiswa Jetis Yogyakarta

Nugroho, Wahyu (2017) Implementasi Konsep Pendidikan Ki Hadjar Dewantara Sistem Among Sebagai Kearifan Lokal di SD Tamansiswa Jetis Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-wahyu-nugroho-14712251076.swf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan memaknai: (1) implementasi sistem among (2) implementasi sistem among sebagai kearifan lokal, (3) kendala yang dihadapi dalam implementasi konsep pendidikan Ki Hadjar Dewantara di SD Tamansiswa Jetis. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian Fenomenologi. Unit analisis penelitian adalah SD Tamansiswa Jetis. Penentuan subjek dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan subjek penelitian adalah pamong, kepala sekolah, siswa, orang tua siswa, dan ketua yayasan Majelis Luhur Persatuan Tamansiswa cabang Jetis. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipatif, wawancara mendalam dan dokumentasi. Keasahan data menggunakan tiangulasi sumber dan teknik. Teknik analisis penelitian ini menggunakan model interaktif Milles & Huberman. Berdasarkan hasil observasi, wawancara dan dokumentasi diperoleh sebagai berikut: (1) Pamong mengimplementasikan sistem among dengan memberikan kemerdekaan, keteladanan baik di dalam mamupun di luar kelas, pengajaran yang menarik dan suasana yang kondusif, pembiasaan menjaga kebersihan, sopan santun dan pengenalan terhadap budaya, dan jika memang terpaksa pamong dapat menggunakan hukuman setelah memberikan arahan dan teguran. Pamong mengimplementasikan Tutwuri Handayani dengan berpegang pada kemampuan dasar peserta didik sehingga dapat memberikan variasi pembelajaran yang sesuai, mengenali bakat dan minat serta mengarahkannya, memberikan kesempatan mengungkapkan pendapat dan perasaan, mendidik agar siswa mandiri dalam belajar dan mampu mengerjakan pekerjaan rumah, pendidik memposisikan sebagai fasilitator; (2) implementasi Sistem among sebagai kearifan lokal dengan dijadikannya nilai di dalamnya untuk bertindak dan bersikap terhadap kondisi saat ini dan juga dijadikan panduan dalam bermasyarakat di SD Tamansiswa Jetis; (3) kendalanya adalah beratnya administrasi, kurangnya pendalaman Sistem among dan Tutwuri Handayani, serta wadah untuk mengembangkan bakat dan minat siswa.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Ki Hadjar Dewantara, Sistem Among, Tutwuri Handayani, Kearifan Lokal
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 30 Mar 2017 03:45
Last Modified: 09 May 2019 08:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48404

Actions (login required)

View Item View Item