Kurniah Sari, Tanti and Wiyatmo, Yusman (2017) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN HUKUM NEWTON BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN SIKAP KERJASAMA PESERTA DIDIK KELAS X SMA N 2 BANGUNTAPAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
SKRIPSI_Tanti Kurniah Sari_13302241015.pdf Download (13MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menghasilkan produk perangkat pembelajaran Hukum Newton berbasis Problem Based Learning (PBL) yang layak digunakan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan sikap kerjasama peserta didik, 2) Mengetahui efektivitas produk perangkat pembelajaran Hukum Newton berbasis Problem Based Learning (PBL) ditinjau dari peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan sikap kerjasama peserta didik, dan 3) Mengetahui respon peserta didik terhadap perangkat pembelajaran Hukum Newton berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan sikap kerjasama ditinjau dari aspek keterbantuan dan kemudahan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model 4-D yang terdiri dari define, design, develop, dan disseminate. Tahap define berupa pengidentifikasian masalah. Tahap design berupa pengumpulan referensi, penentuan format, dan pembuatan rancangan awal perangkat pembelajaran yang akan dikembangkan. Tahap develop meliputi validasi, revisi, uji coba terbatas dan uji coba luas. Tahap disseminate berupa penyebarluasan produk akhir perangkat pembelajaran. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X IPS 1 dan IPS 2 SMA N 2 Banguntapan. Hasil penelitian ini adalah: 1) Perangkat pembelajaran Hukum Newton berbasis Problem Based Learning (PBL) yang terdiri dari RPP, LKPD, dan modul pembelajaran layak digunakan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan sikap kerjasama peserta didik dengan skor sangat baik secara berturut-turut 3,72, 3,80, dan 3,86, 2) Perangkat pembelajaran Hukum Newton berbasis Problem Based Learning (PBL) efektif digunakan ditinjau dari peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan sikap kerjasama peserta didik dengan nilai standar gain tinggi secara berturut-turut 0,78 dan 0,88, dan 3) Perangkat pembelajaran Hukum Newton berbasis Problem Based Learning (PBL) mendapatkan respon sangat baik dari peserta didik ditinjau dari aspek keterbantuan dan kemudahan dengan skor secara berturut-turut 3,47 dan 3,60. Kata Kunci: Pengembangan Perangkat Pembelajaran, Problem Based Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah, Sikap Kerjasama, Hukum Newton
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Fisika |
Depositing User: | Admin Fisika FMIPA |
Date Deposited: | 27 Mar 2017 01:36 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 13:37 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48274 |
Actions (login required)
View Item |