Fatmawati, Eva and Wiyatmo, Yusman (2017) PENGEMBANGAN LKS BERBASIS CHILDREN LEARNING IN SCIENCE (CLIS) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KETERAMPILAN BERFIKIR KRITIS SISWA SMA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
SKRIPSI LENGKAP PDF.pdf Download (9MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan LKS berbasis Children Learning In Science yang layak digunakan dalam pembelajaran fisika siswa SMA kelas X, 2) meningkatkan pemahaman konsep siswa SMA kelas X pada materi gerak parabola melalui LKS berbasis Children Learning In Science, dan 3) meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa SMA kelas X pada materi gerak parabola melalui LKS berbasis Children Learning In Science. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE yang dilaksanakan dalam 4 tahap, yaitu: tahap menganalisis (analyze), mendesai (design), mengembangkan (develop), mengimplementasikan (implement), dan mengevaluasi (evaluate). LKS divalidasi oleh dosen ahli dan guru fisika dan diujikan awal ke kelas X MIPA 2 berjumlah 5 siswa dan setelah LKS direvisi kemudian diujikan ke kelas X MIPA 4 di SMA Negeri 1 Seyegan untuk diidentifikasi keterpakaiannya. Data dianalisis dengan metode kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah 1) LKS berbasis Children Learning In Science layak digunakan dalam pembelajaran fisika siswa SMA kelas X berdasarkan validasi dari ahli pada aspek penilaian didaktif, aspek konstruksi, dan aspek teknis memiliki vaditasi isi yang baik, 2) persentase ketercapaian siswa dalam pemahaman konsep secara rata-rata mengalami peningkatan sebesar 50.73% dari nilai pretest sebesar 22.67% dan nilai posttest sebesar 73.4% pada uji terbatas, sedangkan, pada uji lapangan dalam pemahaman konsep mengalami peningkatan sebesar 58.38% dari 18.12% untuk nilai pretest dan 76.5% untuk nilai posttest, dan 3) persentase ketercapaian siswa pada keterampilan berpikir kritis mengalami peningkatan sebesar 36% dari nilai pretetst sebesar 48% dan nilai posttest sebesar 84% pada uji terbatas, sedangkan pada uji lapangan keterampilan berpikir kritis mengalami peningkatan sebesar 29.38% dari 58.12% untuk nilai pretest dan 87.5% untuk posttest. Kata Kunci : lembar kegiatan siswa, pemahaman konsep, keterampilan berpikir kritis.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Admin Fisika FMIPA |
Date Deposited: | 27 Mar 2017 01:31 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 13:36 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48225 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |