Anisa Sofie Noviana, Anisa Sofie Noviana (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL UNY 2016). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
13111241002 ANISA SOFIE NOVIANA.pdf Download (16MB) | Preview |
Abstract
Praktik Pengalaman Lapangan merupakan salah satu mata kuliah yang wajib diambil dan ditempuh oleh mahasiswa program pendidikan dari setiap jurusan kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) untuk mencari pengalaman secara langsung dan menerapkan ilmu yang didapat di bangku perkuliahan. Penyelanggaraan kegiatan PPL ini dilaksanakan di sekolah atau lembaga yang sudah ditentukan untuk meningkatkan produktivitas tenaga pendidik, khususnya mahasiswa dalam segi kualitas. Pada kegiatan PPL UNY kali ini untuk Prodi PG PAUD mengambil tempat di Kecamatan Pleret, tepatnya di TK PKK Marsudisiwi yang diselenggarakan selama 2 bulan yang dimulai pada tanggal 15 Juli sampai dengan 15 September 2016. TK PKK Marsudisiwi ini terletak di Dusun Gunung Kelir, Kelurahan Pleret, Kecamatan Pleret, Kabupaten Bantul. Tujuan dari kegiatan PPL ini adalah untuk memberikan pengalaman mengajar secara langsung kepada mahasiswa dan mengembangkan ilmu yang dimilikinya untuk dapat diterapkan dalam dunia kerja kelak selain itu kegiatan PPL bertujuan untuk menggali sebanyak-banyaknya ilmu yang ada di lingkungan sekolah secaara langsung sehingga dapat menjadi bekal bagi mahasiswa untuk mengembangkan potensi yang dimilikinya. Pelaksannan PPL diawali dengan observasi lembaga pendidikan yang akan digunakan untuk PPL yaitu dengan melihat potensi yang ada disekolah tersebut yang meliputi tenaga pendidik, sarana dan prasarana, lingkungan dan bagaimana kegiatan pembelajaran yang dilakukan di sekolah tersebut, selanjutnya tahap pelaksannan PPL, sebelum melaksanakan kegiatan PPL mahasiswa telah dibekali pengalaman melelui mikro teaching agar pada pelaksanaan pengejaran mahasiswa dapat mengajar dan menerapkan ilmu yang dimilikinya, pelaksannan progam PPL yang meliputi progam pengajaran di sekolah, kegiatan pengajaran dilakukan di 2 kelas yaitu kelas A dengan jumah siswa 8 anak dan kelas B dengan jumlah siswa 13 anak. Masing masing mahasiswa memiliki kesempatan mengajar sebanyak 14 kali yaitu 8 kali kelas A dan 6 kali kelas B, yang meliputi 4 kali terbimbing, 8 kali mandiri dan 2 kali ujian. Sedangkan program non kepengajaran yang dilaksanakan meliputi kegiatan perapian administrasi, pendampingan ekstrakurikuler, open house TK, parenting yang bertemakan “Penanaman Nilai Kemandirian Anak Sejak Dini”, tamanisasi, field trip, lomba kemerdekaan, senam sehat ceria, kesehatan anak, cooking day, pengadaan tiang bendera, kerja bakti, upacara bendera, dan perpisahan mahasiswa PPL. Kegiatan PPL yang dilaksanakan di TK PKK Marsudisiwi dapat berjalan secara lancar dan baik berkat bantuan semua pihak antara lain Dosen Pembimbing Lapangan, Guru, peserta didik dan seluruh warga sekolah. Setelah pelaksanaan progam PPL mahasiswa diwajibkan untuk menyusun laporan hasil kegiatan PPL yang telah diaksanakan selama dua bulan.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PPL, Pengajaran |
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 15 Mar 2017 04:14 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 11:33 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48057 |
Actions (login required)
View Item |