Brahm, Gandewa (2017) PERSEPSI GURU PENJASORKES TERHADAP KONSEP KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN PROFESIONAL SERTA IMPLEMENTASINYA DALAM PEMBELAJARAN DI SMP SE-KECAMATAN TURI. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.
|
Text
SKRIPSI_BRAHM.pdf Download (12MB) | Preview |
Abstract
Pemahaman mengenai konsep kompetensi pedagogik dan profesional merupakan jaminan kualitas diri seorang guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan terhadap kompetensi konsep kompetensi pedagogik dan profesionalisme serta implementasi pengembangannya di SMP se-Kecamatan Turi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di Kecamatan Turi. Dalam penentuan subjek penelitian menggunakan metode snowball sampling. Teknik keabsahan data yang digunakan menggunakan metode dari Lexy J. Moleong (2012: 224), yaitu kredibilitas, keteralihan, ketergantungan, dan kepastian. Hasil penelitian diperoleh yaitu 1) Setiap guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan untuk SMP di kecamatan Turi Kabupaten Sleman memiliki persepsi yang beragam dalam memahami kompetensi pedagogik dan kompetensi professional yang dimiliki seorang guru penjasorkes. 2) Bentuk dari implementasi kompetensi pedagogik sub kompetensi memahami peserta didik dilakukan dengan memanfaatkan prinsip perkembangan kognitif, prinsip perkembangan kepribadian, mengidentifikasi dan bekal belajar awal peserta didik. 3) Secara umum telah mengimplementasikan kompetensi pedagogik dalam sub kompetensi merancang pembelajaran mempersiapkan RPP dan Silabus. 4) Implementasi guru dalam kompetensi pedagogik yaitu melaksanakan pembelajaran yang kondusif dari sub kompetensi melaksanakan pembelajaran. 5) Impelentasi guru dalam kompetensi pedagogik pada indikator merancang dan melaksanakan evaluasi pembelajaran secara umum sudah dilaksanakan baik melalui evaluasi proses maupun hasil. 6) Implemetasi kompetensi pedagogik pada indikator mengembangkan peserta didik dilakukan guru dengan melaksanakan ekstrakurikuler. 7) Implementasi kompetensi professional dilakukan guru pada indikator menguasai struktur dan metode keilmuan dengan mengikuti seminar dan pembuatan karya ilmiah.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | persepsi, guru penjasorkes, kompetensi pedagogik, kompetensi professional, implementasi, pembelajaran. |
Subjects: | Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR) |
Depositing User: | Perpustakaan FIK |
Date Deposited: | 14 Mar 2017 06:01 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 13:32 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47786 |
Actions (login required)
View Item |