Pengembangan Multimedia Pembelajaran Matematika Untuk Kelas XI SMK Teknik

Indrapangastuti, Dewi (2010) Pengembangan Multimedia Pembelajaran Matematika Untuk Kelas XI SMK Teknik. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-dewi-indrapangastuti-08707251004.swf

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) menghasilkan multimedia pembelajaran matematika yang layak dalam mendukung pembelajaran matematika kelas XI SMK Teknik, dan (2) mengetahui apakah multimedia pembelajaran yang dikembangkan dapat meningkatkan hasil belajar matematika kelas XI SMK Teknik. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI SMK Teknik. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Sedayu, Yogyakarta dengan menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development). Tahapan penelitian ini terdiri atas: (1) perencanaan, (2) desain, dan (3) pengembangan. Proses perencanaan yaitu melakukan analisis kebutuhan, mendefinisikan ruang lingkup materi, dan mengumpulkan sumber. Proses desain yaitu mendesain dokumen pembelajaran, membuat flowchart, dan storyboard. Proses pengembangan yaitu membuat program multimedia, evaluasi formatif alpha testing (validasi produk oleh ahli media dan ahli materi), revisi pertama, evaluasi formatif dengan beta testing (3 siswa), revisi akhir, evaluasi sumatif dengan tanggapan produk oleh 30 siswa dan mengadakan pre test dan post test pada 30 siswa pengguna multimedia pembelajaran berbasis macromedia flash dan 30 siswa pengguna multimedia pembelajaran berbasis non macromedia flash. Subjek uji coba berjumlah 63 siswa: terdiri dari 3 siswa pada beta testing dan 60 siswa pada evaluasi sumatif. Data dikumpulkan melalui lembar evaluasi dari para ahli dan tanggapan siswa terhadap multimedia pembelajaran. Selanjutnya, data dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (a) ditinjau dari aspek tampilan dan pemrograman, kualitas multimedia pembelajaran dinilai sangat baik oleh ahli media dengan modus 5; (b) ditinjau dari aspek pembelajaran dan isi, kualitas multimedia pembelajaran dinilai baik oleh ahli materi dengan modus 4;(c) hasil beta testing untuk aspek media termasuk kriteria sangat baik dengan modus 5, dan aspek materi termasuk kriteria baik dengan modus 4; (d) tanggapan siswa dari evaluasi sumatif untuk aspek media dan aspek materi termasuk kriteria sangat baik dengan modus 5. Hasil tersebut menunjukkan bahwa produk multimedia pembelajaran berbasis macromedia flash pada materi hubungan antara unsur-unsur dalam bangun ruang sudah layak digunakan sebagai media pembelajaran. Hasil post test siswa yang menggunakan multimedia pembelajaran berbasis macromedia flash mencapai nilai rata-rata post test 80,4, sedangkan siswa yang menggunakan media pembelajaran berbasis non macromedia flash mencapai nilai rata-rata post test 64,4. Hasil tersebut menunjukkan bahwa produk multimedia pembelajaran berbasis macromedia flash dapat meningkatkan hasil belajar.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: multimedia pembelajaran, matematika
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 07 Mar 2017 00:28
Last Modified: 29 Jan 2019 12:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47709

Actions (login required)

View Item View Item