Strategi-strategi Pengajaran dalam Pembelajaran Bahasa Inggris di SMP Khusus untuk Siswa Cerdas Istimewa.

Utami, Hidayati (2017) Strategi-strategi Pengajaran dalam Pembelajaran Bahasa Inggris di SMP Khusus untuk Siswa Cerdas Istimewa. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-hidayati-utami-14716251007.swf

Download (6MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengungkapkan penggunaan strategi pengajaran dalam pembelajaran bahasa Inggris di sekolah menengah pertama khusus untuk siswa cerdas istimewa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian dilaksanakan di SMP khusus untuk siswa cerdas istimewa. Sumber data penelitian ini adalah guru bahasa Inggris, siswa kelas VII & VIII, kepala sekolah dan guru BK yang dipilih karena dianggap sesuai untuk mendapatkan data yang diperlukan. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, wawancara kelompok terarah, observasi, dan studi dokumen. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis kualitatif melalui proses transkripsi, kategorisasi ke dalam kode dan tema berdasarkan pertanyaan penelitian, penyajian data ke dalam matrik, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menghasilkan tiga temuan. Pertama, pengetahuan guru tentang karakteristik siswa cerdas istimewa, dan aspek serta pengajaran bahasa Inggris mempengaruhi guru dalam pengajaran untuk siswa cerdas istimewa. Guru memiliki pandangan bahwa pembelajaran bahasa asing merupakan aktifitas kebiasaan melalui stimulus dalam interaksi. Kedua, guru menggunakan strategi-strategi pengajaran untuk instruksi eksplisit seperti ceramah, modeling, tanya jawab dan stimulus tambahan yang berhubungan dengan bahan ajar. Ketiga, strategi-strategi pengajaran yang didukung oleh beberapa alat bantu ajar yang sesuai dapat membuat siswa secara aktif mengikuti kegiatan belajar mengajar. Namun, strategi tersebut kurang memberikan dampak terhadap kemampuan siswa berpikir secara kritis. Keempat, guru menghadapi beberapa kendala yang berhubungan dengan karakteristik siswa, fasilitas pembelajaran, dan ketersediaan waktu, tetapi kendala-kendala tersebut dapat diatasi dengan baik.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Strategi pengajaran instruksi eksplisit, siswa cerdas istimewa, pembelajaran bahasa Inggris
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Inggris
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 03 Mar 2017 03:10
Last Modified: 09 May 2019 07:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47650

Actions (login required)

View Item View Item