PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN NILAI ANTI KORUPSI DAN AKTIVITAS BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AK1 DI SMK MUHAMMADIYAH 1 BOROBUDUR TAHUN AJARAN 2016/2017

Altakiyah, Altakiyah (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN NILAI ANTI KORUPSI DAN AKTIVITAS BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AK1 DI SMK MUHAMMADIYAH 1 BOROBUDUR TAHUN AJARAN 2016/2017. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL_Altakiyah_13803241086.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan Nilai Anti Korupsi dan Aktivitas Belajar Akuntansi siswa kelas XI AK1 di SMK Muhammadiyah 1 Borobudur tahun ajaran 2016/2017 melalui penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan selama dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI AK1 SMK Muhammadiyah 1 Borobudur Tahun Ajaran 2016/2017 yang terdiri dari 24 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan catatan lapangan. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu teknik analisis data deskriptif kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Nilai Anti Korupsi dan Aktivitas Belajar Akuntansi siswa kelas XI AK1 SMK Muhammadiyah 1 Borobudur meningkat setelah diberi tindakan penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning. Nilai Anti Korupsi memiliki skor rata-rata pada siklus I sebesar 72,61% dan pada siklus II meningkat menjadi sebesar 90,91%. Peningkatan skor Nilai Anti Korupsi sebesar 18,30%. Sedangkan skor rata-rata Aktivitas Belajar Akuntansi pada siklus I sebesar 69,78% dan pada siklus II meningkat menjadi sebesar 87,50%. Peningkatan skor Aktivitas Belajar Akuntansi sebesar 17,72%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Nilai Anti Korupsi, Aktivitas Belajar Akuntansi, Problem Based Learning
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 02 Mar 2017 01:26
Last Modified: 30 Jan 2019 13:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47614

Actions (login required)

View Item View Item