PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA ANAK BERKESULITAN BELAJAR MEMBACA SISWA KELAS V DI SEKOLAH DASAR BANGUNREJO 2 YOGYAKARTA

Angginia, Danni Ardiani (2016) PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA ANAK BERKESULITAN BELAJAR MEMBACA SISWA KELAS V DI SEKOLAH DASAR BANGUNREJO 2 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Angginia Danni Ardiani_12103244032.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia bagi siswa berkesulitan belajar membaca kelas V di SD Bangunrejo 2 Yogyakarta yang mencakup kegiatan pembuka, kegiatan inti, kegiatan penutup, dan kegiatan evaluasi. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitan deskriptif. Subjek penelitian ini adalah seorang siswa berkesulitan belajar membaca kelas V. Lokasi penelitian adalah di SD Bangunrejo 2 Yogyakarta. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi sumber. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data (display), dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia terdapat empat kegiatan pokok yang dilakukan guru, yaitu: (1) kegiatan pembuka pembelajaran; mencakup pemberian apersepsi pada siswa, mengecek kemampuan awal siswa, dan menjelaskan tujuan pembelajaran, (2) kegiatan inti pembelajaran; metode yang digunakan adalah ceramah, tanya jawab, dan pemberian tugas; media yang digunakan adalah media cetak; tugas diberikan secara lisan dan tertulis tetapi belum memperhatikan perbedaan individual siswa; melibatkan siswa agar aktif dalam pembelajaran dengan cara memberikan pertanyaan; belum berkolaborasi dengan guru pendamping khusus secara intensif; serta belum menggunakan waktu, bahan, dan perlengkapan pegajaran secara efektif dan efisien; (3) kegiatan penutup pembelajaran; mencakup pemberian penguatan pada siswa dengan melakukan tanya jawab mengenai materi yang sudah dipelajari; (4) kegiatan evaluasi dilakukan dengan cara tes lisan dan tertulis namun belum ada kegiatan remedial dan/atau pengayaan; penilaian dilakukan terhadap hasil belajar siswa pada satu hari; tetapi belum melakukan tindak lanjut hasil penilaian.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 27 Feb 2017 07:22
Last Modified: 30 Jan 2019 13:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47499

Actions (login required)

View Item View Item