Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving terhadap Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar Fisika.

Ulviah, Laili (2017) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving terhadap Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar Fisika. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-laili-ulviah-14726251014.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh penerapan model pembelajaran problem solving terhadap sikap ilmiah dan hasil belajar fisika, (2) pengaruh penerapan model pembelajaran problem solving terhadap sikap ilmiah peserta didik, dan (3) pengaruh penerapan model pembelajaran problem solving terhadap hasil belajar fisika peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang menggunakan nonequivalent control group design. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik pada SMA Negeri 8 Yogyakarta kelas X semester genap. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster sampling sehingga diperoleh kelas X MIA 5 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA 6 sebagai kelas kontrol yang masing-masing terdiri dari 33 peserta didik. Pengumpulan data menggunakan angket, observasi, dan soal pilihan ganda. Validasi yang digunakan berupa validasi content dan validasi empiris. Hasil validasi menunjukkan bahwa instrumen bersifat valid dan reliabel. Teknik analisis yang digunakan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran problem solving terhadap sikap ilmiah dan hasil belajar fisika peserta didik adalah analisis uji MANOVA pada taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran problem solving terhadap sikap ilmiah dan hasil belajar fisika, (2) terdapat pengaruh positif penerapan model pembelajaran problem solving terhadap sikap ilmiah peserta didik, dan (3) terdapat pengaruh positif penerapan model pembelajaran problem solving terhadap hasil belajar fisika peserta didik.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran problem solving, sikap ilmiah, hasil belajar fisika.
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 23 Feb 2017 08:04
Last Modified: 09 May 2019 07:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47413

Actions (login required)

View Item View Item