Sinaga, Betaria (2017) PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI GEDONGKIWO YOGYAKARTA. S1 thesis, PGSD.
Text
Betaria Sinaga.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan media gambar yang dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas IV SD Negeri Gedongkiwo. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK ini dilakukan dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IVA SD Negeri Gedongkiwo yang berjumlah 29 siswa, Metode pengumpulan data penelitian menggunakan: observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media gambar dalam pembelajaran IPS telah berhasil meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas IVA SD Negeri Gedongkiwo Yogyakarta. Peningkatan keaktifan belajar tersebut dicapai melalui dua siklus. Hasil tersebut ditunjukkan dari adanya peningkatan keaktifan belajar IPS siswa dari setiap siklus. Berdasarkan hasil observasi keaktifan siswa dalam pelaksanaan pembelajaran dengan media gambar diperoleh rata-rata keaktifan belajar siswa pada pratindakan 40% dengan kriteria rendah siklus I yaitu 57% kriteria cukup yang kemudian meningkat pada siklus II menjadi 78% kriteria tinggi. Kata kunci: keaktifan belajar, media gambar, ilmu pengetahuan sosial
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial > Pendidikan IPS Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin PGSD FIP |
Date Deposited: | 23 Feb 2017 06:12 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 13:24 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47407 |
Actions (login required)
View Item |