Dita Pratiwi, Dita Pratiwi (2016) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA NEGERI 1 SEWON Jl. Parangtritis KM.5 Bantul, Yogyakarta, Kode Pos 55187. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
13203241043_DITA PRATIWI.pdf Download (8MB) | Preview |
Abstract
Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) sebagai salah satu institusi pendidikanselalu mempertahankan dan mengembangakan fungsi untuk mempersiapkan sertamenghasilkan guru dan tenaga kependidikan lainnya yang memiliki nilai, sikap,pengetahuan dan keterampilan, sehingga mampu menjadi tenaga kependidikan yangprofesional. Salah satu usaha yang dilakukan adalah dengan memberikan bekalkepada mahasiswa berupa serangkaian mata kuliah praktik antara lain PraktikPengalaman Lapangan (PPL). Tujuan utama dari kegiatan PPL bertujuan untukmemberikan pengalaman kepada mahasiswa tentang bagaimana proses pembelajarandisekolah, dalam rangka belajar dan mengembangkan kompetensi keguruan maupunkependidikan yang dimiliki.Dalam pelaksanaan PPL yang bertempat di SMA Negeri 1 Sewon. Praktikanmencoba mengajarkan materi sesuai dengan bidang keahlian. Persiapan yangdilakukan sebelum Praktik Pengalama Lapangan (PPL) yakni pengajaran mikro,pembekalan PPL, observasi pembelajaran di kelas, dan pembuatan persiapanmengajar. Kegiatan PPL dimulai tanggal 10 Agustus 2015 sampai dengan 12September 2015 yang terdapat beberapa kegiatan atau program Praktik PengalamanLapangan (PPL) yakni penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP),praktik mengajar di kelas, mempelajari administrasi guru, bimbingan dengan gurupembimbing lapangan dan dosen pembimbing lapangan, serta penyusunan danpelaksanaan evaluasi PPL. Pelaksaan mengajar di kelas dimulai tanggal 20 Agustus2015 sampai dengan 12 September 2015, sesuai kebijakan yang diberikan oleh gurupembimbing Bahasa Jerman di SMA Negeri 1 Sewon. Melalui kegiatan PPL ini banyak sekali manfaat yang dapat diambil oleh parapraktikan dalam hal mengajar. Praktikan dapat mengetahui bagaimana menjadi guruyang baik serta dapat memberikan bekal kepada para praktikan untuk dapat mencapaisebuah proses pembelajaran yang optimal demi terciptanya efisiensi dan kualitaspenyelenggaraan proses pembelajaran yang optimal. Selain itu, diharapkan agarmahasiswa dapat meningkatkan kualitas pengajaran dengan pengalaman faktual yangdiperoleh dari kegiatan ini baik dalam hal pengembangan metode pembelajaran danvariasi media pembelajaran dalam proses belajar mengajar sesuai dengan kurikulum.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Institusi Pendidikan, PPL, proses pembelajaran |
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 22 Feb 2017 08:49 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 11:34 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47371 |
Actions (login required)
View Item |