Abqorie, Muhammad Sabiq (2016) UPDATE PENDATAAN SARANA PRASARANA SMP BERBASIS KOMPUTER TAHUN 2016 DI DINAS PENDIDIKAN DASAR KABUPATEN BANTUL. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
M. Sabiq Abqorie_Laporan PPL.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Tanggung jawab seorang mahasiswa setelah mendapatkan ilmu dari kampus adalah mentransfer, menginformasikan, dan mengaplikasikan ilmunya kepada masyarakat dan lingkungan pendidikan. Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan kegiatan untuk mengembangkan pengetahuan dan keterampilan serta mengimplementasikan kompetensi yang dimiliki sebagai calon tenaga kependidikan yang bertanggungjawab dan profesional. PPL di Dinas Pendidikan Dasar merupakan cara mahasiswa dalam mengimplementasikan ilmu yang didapat selama dikampus dengan memeberikan sumbangan nyata berupa tenaga dan pikiran guna meningkatkan potensi yang ada di Dinas Pendidikan Dasar. Selain itu PPL di Dinas Pendidikan Dasar merupakan kesempatan nyata mahasiswa untuk menyerap ilmu sebanyak-banyaknya dengan banyak belajar dari pegawai yang bekerja di Dikdas. Hal ini sesuai dengan kompetensi Prodi Manajemen Pendidikan yaitu untuk mengelola pendidikan. Pelaksanaan PPL di Dinas Pendidikan Dasar Kabupaten Bantul di bagi ke enam bidang yaitu SD, SMP, Bina Program, Kepegawaian, Keuangan dan Umum. Untuk mencapai tujuan kegiatan PPL maka masing-masing individu diwajibkan membuat program sesuai hasil observasi lapangan yang dilakukan sebelum kegiatan PPL. Adapun program PPL yang tercantum dalam laporan ini berjudul “Update Pendataan Sarana Prasarana SMP Berbasis Komputer Tahun 2016 di Dinas Pendidikan Dasar Kabupaten Bantul”. Tujuan dari program ini adalah untuk membantu Dinas Pendidikan Dasar khususnya Seksi Sarana Prasarana Bidang SMP untuk memperbarui data dengan menginventarisasi dan menganalisis kondisi sarana dan prasarana yang dimiliki SMP se-Kabupaten Bantul. Adapun program ini melakukan pendataan terhadap kondisi sarana prasarana SMP di seluruh Kabupaten Bantul yang berjumlah 88 sekolah. Untuk mendapatkan data mengenai sarana prasarana SMP tersebut dengan memberikan Instrumen Pendataan Sarana Prasarana kepada sekolah-sekolah kemudian untuk diisi dan diserahkan ke Dinas Pendidikan Dasar di Bidang SMP. Program PPL Pendataan Sarana Prasarana SMP se-Kabupaten Bantul terbagi dalam tiga tahapan yaitu persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pada tahap persiapan lebih menekankan pada observasi, konsultasi dan pemantapan program. Tahap pelaksanaan meliputi proses pengolahan instrumen, pengumpulan data, sampai penyajian data. Sedangkan tahap evaluasi mencakup laporan dan tindak lanjut program. Hasil akhir dari program ini adalah data sarana prasarana SMP se-Kabupaten Bantul yang berupa grafik tabel yang disajikan menggunakan aplikasi Microsoft Excel. Bagian akhir dari program adalah analisis pelaksanaan program dan refleksi berupa tingkat ketercapaian program yang dijalankan. Tingkat ketercapaian ini berdasarkan pada tujuan dan matrik pelaksanaan yang telah disusun.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Additional Information: | Meilina Bustari, M.Pd. (Dosen Pembimbing Lapangan) |
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 21 Feb 2017 07:55 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 11:32 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47305 |
Actions (login required)
View Item |