IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MULTIMEDIA PADA MATA PELAJARAN ANIMASI 2 DIMENSI DI SMK NEGERI 1 JOGONALAN

Hanun Rosidah, Fitrotunzaqiyah (2017) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MULTIMEDIA PADA MATA PELAJARAN ANIMASI 2 DIMENSI DI SMK NEGERI 1 JOGONALAN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
LAPORAN TAS.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MULTIMEDIA PADA MATA PELAJARAN ANIMASI 2 DIMENSI DI SMK NEGERI 1 JOGONALAN Oleh: Hanum Rosidah Fitrotunzaqiyah NIM. 11520241010 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI multimedia pada mata pelajaran animasi 2 dimensi melalui pembelajaran dengan model cooperative learning tipe STAD di SMK Negeri 1 Jogonalan tahun ajaran 2016/2017. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI multimedia SMK Negeri 1 Jogonalan sebanyak 33 siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah model Kemmis dan Mc. Taggart yang berisi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan dan pengamatan, dan refleksi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah soal tes untuk mengukur hasil belajar siswa, lembar observasi, angket motivasi, dan angket penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe STAD untuk mengukur motivasi belajar siswa. Jenis analisis data yang digunakan adalah analisis data secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui pembelajaran model cooperative learning tipe STAD dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI multimedia SMK Negeri 1 Jogonalan. Langkah-langkah dalam pembelajaran dengan model cooperative learning tipe STAD ada empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi yang dilaksanakan dalam dua kali pertemuan. Setelah dilaksanakan pembelajaran dengan menggunakan model cooperative learning tipe STAD motivasi belajar siswa pada siklus I skor rata-rata siswa 511 dan persentase motivasi belajar sebesar 68,7%. Pada siklus II dihasilkan skor rata-rata sebesar 666, sehingga persentase motivasi belajar sebesar 89,5%. Rentang skor 89,5% tergolong skor kategori sangat tinggi. Apabila dibandingkan, motivasi belajar siswa dari siklus I ke siklus II mengalami kenaikan sebesar 20,8%. Selanjutnya hasil belajar siswa pada siklus I sebanyak 5 siswa yang tidak mencapai KKM, namun pada siklus II telah terjadi peningkatan yaitu 100% siswa telah mencapai KKM dengan nilai rata-rata kelas meningkat sebesar 12,61 poin dari 86,18 pada siklus I, menjadi 98,79 pada siklus II. Berdasarkan hasil tersebut penelitian dinyatakan berhasil karena sudah memenuhi kriteria keberhasilan penelitian yaitu ≥76% dari keseluruhan siswa kelas XI multimedia SMK Negeri 1 telah mencapai KKM, kemudian penelitian dihentikan. Kata kunci: Cooperative learning tipe STAD, motivasi belajar, hasil belajar multimedia.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 21 Feb 2017 07:23
Last Modified: 30 Jan 2019 13:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47293

Actions (login required)

View Item View Item